PRAKTIK JUAL BELI DAN PEMOTONGAN AYAM POTONG DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Pada Tempat Pemotongan Ayam Apen, Kampung Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan)

MUHAMMAD, HUSAMAN BENLADHEN (2024) PRAKTIK JUAL BELI DAN PEMOTONGAN AYAM POTONG DALAM TINJAUAN HUKUM ISLAM (Studi Pada Tempat Pemotongan Ayam Apen, Kampung Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Muhammad Husaman benladhen full-digabungkan.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Muhammad Husaman benladhen full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Makanan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus selalu tersedia dengan cukup, aman, bermutu, bergizi, dan beragam dengan harga yang terjangkau oleh masyarakat. Selain harus halal, makanan juga harus berkualitas, baik dari segi kebersihan maupun kandungan gizinya. Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup bersama dalam kelompok-kelompok. Jual beli adalah bagian penting dalam kehidupan manusia, dan dalam Islam, jual beli harus dilakukan dengan jelas tanpa penipuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji praktik jual beli ayam potong dan tinjauan hukum Islam terhadap proses jual beli di peternakan ayam potong Apen di Kampung Tiuh Balak, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan. Praktik jual beli yang baik dan sesuai dengan hukum Islam sangat penting karena berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi penelitian meliputi pemilik peternakan, pegawai, dan pembeli, dengan sampel sebanyak 10 responden yang dipilih secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik jual beli ayam potong di peternakan ayam potong Apen dilakukan dengan akad yang jelas sebelum proses penyembelihan. Proses penyembelihan ayam dilakukan dengan 3 tahapan dan dijalankan dengan mematuhi tata cara Islam, termasuk menyebut nama Allah saat penyembelihan dan memisahkan tempat penyembelihan dari peternakan. Dalam tinjauan hukum Islam, praktik ini dianggap sesuai dengan syariat Islam dan tidak mengandung Gharar munabadzah (Jual beli yang tidak jelas), artinya dalam konteks jual beli ini hukumnya mubah atau dibolehkan sehingga jual beli ayam potong di peternakan tersebut dapat dianggap halal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah praktik jual beli ayam potong di peternakan ayam potong Apen telah mematuhi tata cara Islam dalam proses penyembelihan, sehingga dinyatakan halal. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih dalam tentang pentingnya menjaga kehalalan makanan dalam jual beli, terutama dalam konteks peternakan ayam potong. Kata Kunci : Jual Beli, Pemotongan, Ayam Potong, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2024 06:57
Last Modified: 22 May 2024 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33335

Actions (login required)

View Item View Item