MANAGEMENT DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 KATIBUNG LAMPUNG SELATAN

INDRI, OKTARINA (2024) MANAGEMENT DALAM MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 KATIBUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi INDRI OKTARINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Self Management Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Di SMP Negeri 3 Katibung Lampung Selatan ini di latar belakangi oleh adanya permasalahan peserta didik yang mengalami kejenuhan belajar, dimana dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik Self Management dalam mengatasi kejenuhan belajar pada pesera didik kelas VIII B di SMP Negeri 3 Katibung Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Design yang digunakan yaitu one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Katibung yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, dengan jumlah 6 peserta didik sebagai kelompok eksperimen yang dipilih berdasarkan hasil pengisian skala dengan kategori tinggi. Subjek mendapatkan konseling sebanyak 6 kali pertemuan. Instrumen pengambilan data yang digunakan adalah skala kejenuhan belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non parametric dengan uji Wilcoxon. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa teknik self management berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan belajar, yang mana hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari uji Wilcoxon sebesar (Z = -2,214 ) dengan nilai Asymp.Sig. (2-tailed) sebesar 0,027. Ztabel sebesar 1,96 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa layanan konseling kelompok teknik self management berpengaruh dalam mengatasi kejenuhan belajar. Kata Kunci : Konseling Kelompok,Teknik Self Management, Kejenuhan Belajar ii ABSTRACT Research on the Influence of Self Management Technique Group Counseling Services in Overcoming Learning Burnout for Students at SMP Negeri 3 Katibung, South Lampung is based on the problem of students experiencing learning boredom, where in this research the aim is to determine the effect of Self Management techniques in Overcoming learning boredom in class VIII B students at SMP Negeri 3 Katibung, South Lampung. This research uses a quantitative approach with an experimental type of research. The design used is one group pretest�posttest design. The population in this study were students in class VIII B of SMP Negeri 3 Katibung, totaling 20 students. The sampling technique was carried out using purposive sampling, with a total of 6 students as the experimental group selected based on the results of filling in the scale with the high category. Subjects received counseling 6 times. The data collection instrument used was the learning boredom scale. The data analysis technique used is a non�parametric statistical analysis technique with the Wilcoxon test. The results of this study show that self-management techniques have an effect on overcoming learning boredom, which is proven by the value obtained from the Wilcoxon test of (Z = -2.214) with the Asymp.Sig value. (2-tailed) of 0.027. Ztable is 1.96 with a significance level of 0.05. This shows that self-management technique group counseling services have an influence in overcoming learning boredom. Keywords: Group Counseling, Self Management Techniques, Learning Burnout

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2024 04:37
Last Modified: 21 May 2024 04:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33319

Actions (login required)

View Item View Item