PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA PESERTA DIDIK DI SMP 17.1 GEDONG TATAAN PESAWARAN

NILAM, SARI DWI UTAMI (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING TERHADAP SELF DISCLOSURE PADA PESERTA DIDIK DI SMP 17.1 GEDONG TATAAN PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK NILAM.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai salah satu cara untuk meningkatkan komunikasi terutama keterampilan sosial, self-disclosure ini sangat diperlukan bagi peserta didik. sebagian peserta didik masih merasa malu dalam mengutarakan pendapatnya. Ketika diberikan tugas kelompok atau saat disuruh maju kedepan kelas, seperti berdiskusi pun beberapa peserta didik hanya terlihat diam. Sebagian besar sikap peserta didik kurang terbuka. Misalnya pendiam, pemalu, kurangnya percaya diri. peserta didik juga kurang dapat mengungkapkan maksud dan permasalahan yang sedang dihadapi khususnya mereka yang mempunyai masalah pribadi baik dengan keluarga dan lingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan Teknik Assertive Training terhadap Self Disclosure pada peserta didik di SMP 17.1 Gedong Tataan Pesawaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimental design dengan bentuk desain yang digunakan yaitu (one group pre�test and post-test design). Sampel dalam penelitian berjumlah 5 orang peserta didik kelas VIII C di SMP 17.1 Gedong Tataan yang memiliki permasalahan tentang self disclosure dalam kategori rendah. Dalam penelitian ini berfokus pada pengaruh layanan konseling kelompok dengan menggunakan teknik Assertive Training pada peserta didik di kelas VIII C di SMP 17.1 Gedong Tataan Pesawaran dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner atau angket. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukan bahwa terbukti dari hasil Berdasarkan output data (test statistics). dapat dilihat bahwa nilai Z yang didapat yaitu -2,032 dengan nilai asymp.sig. (2-tailed) 0,000 yang mana nilai tersebut kurang dari <0,05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pengambilan keputusan “hipotesis diterima” artinya terdapat perbedaan antara hasil skala self discosure prettest dan posttest, sehingga nya dapat menjawab rumusan masalah yaitu “Terdapat pengaruh konseling kelompok dengan teknik Assertive Training terhadap self disclosure pada peserta didik di SMP 17. 1 Gedong Tataan Pesawaran”. Kata Kunci : Konseling Kelompok, Teknik Assertive Training, Self Disclosure iii ABSTRACT As one way to improve communication, especially social skills, self-disclosure is very necessary for students. some students still feel shy in expressing their opinions. When given group assignments or when told to come to the front of the class, such as discussing, some learners only look silent. most of the attitudes of learners are less open. For example, quiet, shy, lack of confidence. students are also less able to express the intentions and problems that are being faced, especially those who have personal problems both with family and the surrounding environment. The purpose of this study was to determine the effect of group counseling with Assertive Training Techniques on self-disclosure in students at SMP 17 1 Gedong Tataan Pesawaran. This research uses quantitative research methods. The design used in this research is pre-experimental design with the form of design used, namely (one group pre-test and post-test desig).. The sample in the study amounted to 5 students in class VIII C at SMP 17.1 Gedong Tataan who had problems with self-disclosure in the low category. In this study focuses on the effect of group counseling using Assertive Training techniques on students in class VIII C at SMP 17.1 Gedong Tataan Pesawaran with the data collection technique used, namely questionnaires. The results obtained in this study show that it is proven from the results Based on the data output (test statistics). it can be seen that the Z value obtained is -2.032 with an asymp.sig value. (2-tailed) 0.000 which value is less than <0.05 so that it can be concluded that the decision making "hypothesis accepted" means that there is a difference between the results of the prettest and posttest self�disclosure scales, so that it can answer the formulation of the problem, namely "There is an effect of group counseling with Assertive Training techniques on self-disclosure in students at SMP 17. 1 gedong tataan Pesawaran". Keywords : Group Counseling, Assertive Training Technique, Self-Disclosure

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 May 2024 03:57
Last Modified: 21 May 2024 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33314

Actions (login required)

View Item View Item