TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD BERSYARAT DALAM PINJAM MEMINJAM INDUKAN IKAN CUPANG (Studi Kasus di Kelurahan Korpri Jaya Sukarame Kota Bandar Lampung)

REZAL, PRANATA (2024) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP AKAD BERSYARAT DALAM PINJAM MEMINJAM INDUKAN IKAN CUPANG (Studi Kasus di Kelurahan Korpri Jaya Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI (Cover - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia adalah makhluk sosial di mana dalam kehidupan sehari-hari manusia saling berinteraksi antara yang satu dengan yang lain termasuk dalam hal untuk memenuhi kebutuhannya. Untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut, selain dengan dilakukannya suatu transaksi yang disebut dengan jual beli cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan dilakukannya suatu proses pinjam meminjam atau yang dalam istilah muamalah lebih dikenal dengan istilah al�ariyah, proses peminjaman ini biasanya dilakukan oleh seseorang dengan keadaan ekonomi menengah kebawah hal ini karena proses pinjam meminjam dianggap sebagai suatu alternatif ketika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan pokok secara kontan, tujuan utama adanya suatu proses pinjam meminjam adalah untuk menolong sesama, sehingga ketika seseorang memberikan pinjaman kepada orang lain dengan tujuan untuk menolong atau membantu sesama maka itu akan bernilai ibadah, namun jika pemberian pinjaman tersebut bukan didasari dengan adanya keinginan untuk menolong sesama maka hukumnya akan berbeda. Dari Latar Belakang di atas peneliti mengemukakan pertanyaan penelitian yaitu “Bagaimana akad bersyarat pinjam meminjam indukan ikan cupang menurut Hukum Ekonomi Syariah?. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran bagi umat Islam khususnya Hukum Ekonomi Syariah terkait dengan masalah pinjam meminjam, secara praktis penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran dan pemahaman masyarakat Islam khususnya masyarakat kelurahan Korpri Jaya Sukarame Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang merupakan metode penelitian yang benar terjadi di lapangan. Peneliti menggunakan beberapa metode yaitu metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa pinjam meminjam yang terjadi di kelurahan Korpri Jaya Sukarame Bandar Lampung merupakan praktek pinjam meminjam antara pemberi pinjaman indukan ikan cupang dan peminjam yang pada dasarnya memenuhi rukun dan syarat pinjam meminjam, namun menurut hukum Islam tidak sah karna akad tersebut termasuk jenis akad mu’awadhah disyaratkan dengan akad mu’awadhah yang tidak di perbolehkan dengan hukum Islam. bahwa transaksi jenis ini dilarang. Ini adalah pendapat para ulama Syafi’i, Hanafi, dan juga Hanbali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 08:30
Last Modified: 20 May 2024 08:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33308

Actions (login required)

View Item View Item