PENGGUNAAN PRODUK WATERPROOF COSMETICS BAGI WANITA DALAM PERSPEKTIF MEDIS DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Mahasiswi Hukum Keluarga Angkatan 2017 UIN Raden Intan Lampung)

Windi, Wulandari Rahayu (2024) PENGGUNAAN PRODUK WATERPROOF COSMETICS BAGI WANITA DALAM PERSPEKTIF MEDIS DAN HUKUM ISLAM (Studi Kasus Mahasiswi Hukum Keluarga Angkatan 2017 UIN Raden Intan Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK WINDI  WULANDARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Fenomena maraknya penggunaan Waterproof Cosmetics di masyarakat khususnya di lingkungan mahasiswi Fakultas Syariah yang mana kondisi tersebut menimbulkan permasalahan yakni Waterproof Cosmetics yang tidak mudah terhapus dengan air akan sulit untuk menyentuh lapisan kulitnterutama dalam hal ini yang berhubungan dengan anggota wudhu, sehingga menjadikannya masalah khususnya bagi muslimah yang hendak mengambil wudhu tetapi malas membersihkannya dengan pembersih khusus terlebih dahulu, sedangkan alurnya air ke kulit akan terhalangi oleh kosmetik�kosmetik waterproof tersebut. Padahal syarat dari sahnya wudhu adalah terbasuhnya anggota wudhu dengan air Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yang pertama, Bagaimana Penggunaan Cosmetics Waterproof pada Mahasiswi Hukum Keluarga angkatan 2017 UIN Raden Intan Lampung perspektif medis dan yang kedua, Bagaimana Penggunaan Cosmetics Waterproof pada Mahasiswi Hukum Keluarga angkatan 2017 UIN Raden Intan Lampung menurut hukum Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah lapangan (field research), dan kepustakaan (library research). Data lapangan dikumpulkan melalui metode wawancara kepada narasumber agar mendapat informasi yang akurat. Pengumpulan data pustaka diperoleh dari buku-buku yang relevan dengan permasalahan yang teliti. Data yang diperoleh untuk selanjutnya diseleksi, klarifikasi, serta disusun untuk memudahkan dalam menganalisa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswi menggunakannya pada saat beraktifitas dikampus atau diluar kampus dengan penggunaan yang sesuai ketentuan, sehingga tidak menimbulkam efek negative. Kemudian pandangan medis tergolong aman untuk digunakan tidak mengandung unsur yang berbahaya dan telah lulus uji BPOM. Sedangkan perspektif Hukum Islam juga tidak bertentangan dengan syariat islam karena telah memilki sartifikasi kehalalan dari MUI. Kata Kunci: Cosmetics Waterproof, Medis, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 07:42
Last Modified: 20 May 2024 07:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33302

Actions (login required)

View Item View Item