IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PASAL 8 PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 16 TAHUN 2021 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SERTA PENDIDIKAN KHUSUS DALAM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Lampung)

ADELA, AZZAHRA (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM ZONASI PASAL 8 PERATURAN GUBERNUR LAMPUNG NOMOR 16 TAHUN 2021 TENTANG PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DAN SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN SERTA PENDIDIKAN KHUSUS DALAM PERSPEKTIF SIYASAH TANFIDZIYAH (Studi di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi ADELA AZZAHRA.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, kebijakan baru terus dibentuk dengan harapan memperbaiki sistem sebelumnya. Salah satu kebijakan yang dibentuk adalah sistem zonasi. Dalam Pasal 8 poin a Peraturan Gubernur Lampung Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Serta Pendidikan Khusus tersebut menyatakan pendaftaran PPDB dilaksanakan melalui jalur sebagai: a. zonasi; b. afirmasi; c. perpindahan tugas orang tua/wali; dan/atau d. prestasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Implementasi dari Pasal 8 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 16 Tahun 20021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Serta Pendidikan Khusus bagi kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). (2) Bagaimana perspektif siyasah tanfidziyah terhadap Implementasi dari Pasal 8 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 16 Tahun 20021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Serta Pendidikan Khusus bagi kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan Field Research penelitian lapangan. Teknik pengambilan data menggunakan sumber data primer yang di peroleh dari hasil wawancara, serta dokumentasi dan sumber data sekunder yang di peroleh dari beberapa buku, jurnal dan website yang relevan dengan judul penelitian ini. Analisa data yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa Implementasi dari pasal 8 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 16 Tahun 20021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan Serta Pendidikan Khusus bagi kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung dapat dinyatakan sudah terlaksana dilihat dalam pelaksanaan Peraturan Gubernur Lampung Nomor 16 Tahun 2021 pasal 9 ayat (1) yang menjelaskan persenan jalur zonasi SMA paling sedikit 50% dari daya tampung sekolah, SMA Negeri 3 Bandar Lampung dalam penerimaan peserta didik baru tentang sistem zonasi sudah melaksanakan tugas berdasarkan wewenang dan kewajibannya, hal ini dibuktikan jumlah peserta didik yang dinyatakan diterima melalui jalur zonasi berjumlah 206 siswa/i (54%) dan telah sesuai dengan jumlah daya tampung yaitu minimal 50%. Sedangkan Analisis Siyasah Tanfidziyah terhadap Implementasi Kebijakan sistem Zonasi Pasal 8 Peraturan Gubernur Lampung Nomor 16 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Pada Sekolah Menengah Atas Dan Sekolah Menengah Kejuruan Serta Pendidikan Khusus sudah melanjalankan pelaksanaan dari peraturan yang diatur dengan konsep yang terkandung dalam Siyasah Tanfidziyah yaitu prinsip kesejahteraan rakyat. Kata Kunci : Sistem Zonasi, Implementasi, Siyasah Tanfidziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 07:03
Last Modified: 20 May 2024 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33294

Actions (login required)

View Item View Item