IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG

Aida, Komala Dewi (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AIDA KOMALA SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Pembelajaran PAI Dalam Membina Akhlak Siswa di SMPN 3 Bandar Lampung Pembinaan akhlak siswa menjadi suatu yang didambakan oleh setiap orang dalam proses pendidikan, sebab akhlak memiliki fungsi menjadikan perilaku manusia menjadi lebih beradap serta mampu mengidentifikasi berbagai persoalan kehidupan, baik atau buruk menurut norma yang berlaku, Oleh karena itu, perhatian terhadap akhlak menjadi salah satu fokus utama diselenggarakannya Pendidikan di Indonesia. Melalui Pendidikan akhlak, seseorang akan dapat mengetahui mana yang benar kemudian dianggap baik, dan mana yang buruk. Sebab, kehidupan ini tidak akan bisa lari dari dinamika perubahan pribadi dan sosial. Oleh karena itu, seiring berkembangnya zaman dan teknologi, Pendidikan akhlak memiliki posisi yang strategis dalam pengendalian manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana implementasi Pembelajaran PAI dalam Membina Akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung. Yaitu bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam membina akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung, mengetahui apa saja hambatan yang dihadapi guru PAI dalam membina akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung, dan apasaja upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala dalam membina akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung. Metode penelitian tentang Implementasi Pembelajaran Pai dalam membina akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif- kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, implementasi pembelajaran PAI dalam Membina Akhlak Siswa di SMPN 3 Bandar lampung dilakukan dengan menerapkan beberapa metode antara lain guru memberikan suri tauladan yang baik, menanamkan kebiasaan prilaku yang baik, memberikan nasehat dan teguran yang baik, dan memberikan perhatian sebagai motivasi. Hambatan/kendala yang dihadapi guru dalam membina akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung dapat dibagi menjadi dua yaitu kendala dari dalam sekolah dan kendala dari luar sekolah. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi kendala dalam Membina Akhlak siswa di SMPN 3 Bandar Lampung adalah selalu memberikan nasehat, motivasi dan bimbingan keada siswa-siswinya agar menjadi manusia yang memiliki akhlak mulia dan terus meningkatkan kerja sama dengan orang tua siswa dalam melakukan pengawasan terhadap siswa yang bergaul dengan masyarak di lingkungan sekitar sekolah. Kata kunci : Implementasi, Membina, Akhlak. iii ABSTRACT Developing students' morals is something that everyone desires in the educational process. Through moral education, a person will be able to know what is right and what is considered good, and what is bad. Because, life cannot escape the dynamics of personal and social change. Therefore, as time and technology develop, moral education has a strategic position in human control.. This research aims to find out and explain how PAI learning is implemented in developing student morals at SMPN 3 Bandar Lampung. Namely how to plan PAI learning in developing student morals at SMPN 3 Bandar Lampung, knowing what obstacles PAI teachers face in fostering student morals at SMPN 3 Bandar Lampung, and what efforts PAI teachers make in overcoming obstacles in fostering student morals at SMPN 3 Bandar Lampung. With descriptive-qualitative research methods. Based on the research results, it can be concluded that, the implementation of PAI learning in developing student morals at SMPN 3 Bandar Lampung is carried out by applying several methods, including teachers providing good role models, instilling good behavioral habits, providing good advice and warnings, and providing attention as motivation. The obstacles/constraints faced by teachers in developing student morals at SMPN 3 Bandar Lampung can be divided into two, namely obstacles from within the school and obstacles from outside the school. The efforts made by PAI teachers in overcoming obstacles in developing students' morals at SMPN 3 Bandar Lampung are always providing advice, motivation and guidance to their students so that they become human beings who have noble morals and continue to increase cooperation with parents in supervising students. who interact with the community around the school. Keywords: Implementation, Building, Morals.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 03:46
Last Modified: 20 May 2024 05:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33284

Actions (login required)

View Item View Item