PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK 7 BANDAR LAMPUNG

Irma, Novraini (2024) PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRMA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENGGUNAAN GADGET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK 7 BANDAR LAMPUNG Oleh: Irma Novraini Penggunaan gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna untuk berkomunikasi, mencari informasi, menambah wawasan pengetahuan dan pendidikan. Pengguna gadget sangat berperan penting bagi kehidupan manusia guna berkomunikasi, mencari informasi, menambah relasi, menambah wawasan dan pengetahuan, pendidikan, dan bisnis. Namun, disisi lain, masih ada beberapa hal yang berlawanan yang disebabkan oleh faktor kekurang tepatan dalam memanfaatkan fungsi yang sebenarnya. Mengingat saat ini kurikulum yang dijalankan di sekolah tidak terlepas dari penggunaan gadget, tidak jarang siswa menggunakan gadget disepanjang waktu disekolah. Bahkan, saat guru sedang memberi arahan di kelas. Salah satu masalah yang sering terjadi akibat pengunaan gadget secara berlebihan yaitu sering menunda sholat, waktu belajar dan menunda apabila diperintah orang tua atau bahkan sering tidak melaksanakannya. Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam atau budi pekerti adalah pendidikan yang memberikan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap, dan kepribadian siswa dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meneliti apakah terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK 7 Bandar Lampung. Adapun pendekatan Penelitian ini adalah dengan menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 7 Bandar Lampung yang mengikuti mata pelajaran pendidikan agama Islam. Sampel penelitian diambil menggunakan tekhnik simple random sampling. Dengan menggunakan teknik sampling tersebut diperoleh sebanyak 83 siswa. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan koesioner atau angket (skala likert). Tekhnik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi liner sederhana dengan menggunakan bantuan program IBM Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 26. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan analisis korelasi person product moment diperoleh nilai signifikan sebesar 0,046. Dapat disimpulkan bahwa 0,046 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menujukan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara penggunan gadget terhadap minat belajar siswa mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK 7 Bandar Lampung. Adapun tingkat hubungan variabel pengunaan gadget (X) dengan variabel terhadap minat belajar siswa mata pelajaran PAI (Y) diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,220. Sedangkan nilai r tabel untuk 83 responden dengan level of significant 5% (r tabel) adalah 0,213. Dapat disimpulkan bahwa tingkat hubungan antara variabel X dan Y memiliki korelasi yang rendah. Berdasarkan uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa nilai koefisien determinasi diperoleh sebesar 0,48. Hal ini menunjukan bahwa adanya penggunaan gadget terhadap minat belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam kelas XI di SMK 7 Bandar Lampung sebesar 4,8% sedangkan sisa nya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam peneliian ini. Kata Kunci: Penggunaan Gadget, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam ix ABSTRACT THE INFLUENCE OF GADGET USE ON STUDENT INTEREST IN ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION CLASS XI AT SMK 7 BANDAR LAMPUNG By: Irma Novraini The use of gadgets is very important for human life in order to communicate, find information, increase knowledge and education. The use of gadgets is very important for human life in order to communicate, find information, add relationships, add insight and knowledge, education, and business. However, on the other hand, there are still some contradictory things caused by the lack of accuracy in utilizing the actual function. Given that the current curriculum run in schools is inseparable from the use of gadgets, it is not uncommon for students to use gadgets all the time at school. In fact, when the teacher is giving directions in class. One of the problems that often occurs due to excessive use of gadgets is that they often delay prayer, study time and delay when ordered by parents or even often do not carry it out. The subject of Islamic Religious Education or ethics is education that provides knowledge and skills as well as forming attitudes, and students' personalities in practicing the teachings of Islam. Therefore, this study aims to examine whether there is an effect of gadget use on students' interest in learning Islamic religious education subjects in class XI at SMK 7 Bandar Lampung. The approach of this research is to use quantitative methods. This type of research is survey research. The population in this study were all grade XI students of SMK 7 Bandar Lampung who took Islamic religious education subjects. The research sample was taken using simple random sampling technique. By using the sampling technique obtained as many as 83 students. Data collection techniques in this study using questionnaires or questionnaires (Likert scale). Data analysis techniques in this study are using product moment correlation and simple liner regression analysis using the help of the IBM Statistical Package for Social Science (SPSS) version 26 program. The results of this study indicate that based on the correlation analysis of person product moment obtained a significant value of 0.046. It can be concluded that 0.046 <0.05 which means H0 is rejected and H1 is accepted. This indicates that there is a significant positive influence between the use of gadgets on the learning interest of students in Islamic Religious Education class XI at SMK 7 Bandar Lampung. The level of relationship between the variable of gadget use (X) and the variable of student interest in learning Islamic Education subjects (Y) obtained a correlation coefficient (r) of 0.220. While the value of r table for 83 respondents with a level of significant 5% (r table) is 0.213. It can be concluded that the level of relationship between variables X and Y has a low correlation. Based on the simple linear regression test, it shows that the coefficient of determination is 0.48. This shows that the use of gadgets on the learning interest of students of class XI Islamic religious education subjects at SMK 7 Bandar Lampung is 4.8% while the rest is influenced by other variables not discussed in this study. Keywords: Gadget Use, Interest in learning, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 May 2024 04:09
Last Modified: 22 May 2024 05:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33279

Actions (login required)

View Item View Item