DAMPAK FILM KARTUN BOBOYBOY PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI DUSUN HARAPAN JAYA RT III RW II KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

DWI, MUSTIKA SARI (2024) DAMPAK FILM KARTUN BOBOYBOY PADA PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI DUSUN HARAPAN JAYA RT III RW II KECAMATAN KETAPANG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1&2+DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sosial emosional anak banyak dipengaruhi oleh lingkungan disekitar anak, baik lingkungan keluarga, masyarakat, sekolah, serta bermain, bahkan dari media-media disekitar anak seperti media elektronik yaitu televisi. Televisi merupakan salah satu media yang dapat membagikan informasi dikalangan masyarakat. Akan tetapi, tanpa disadari televisi juga memberi dampak negatif kepada anak usia dini, yaitu melalui siaran yang ditayangkan, seperti film animasi. Sangat disayangkan saat ini anak-anak banyak mengutip contoh negatif dari pada positif dari televisi tersebut, salah satunya adalah nilai yang berbau kekerasan dan kevulgaran yang tidak baik untuk kemajuannya Program tayangan televisi yang sering dilihat subjek setiap hari yaitu Boboyboy adalah film yang mengandung unsur kekerasan, yaitu tentang pertengkaran, perkelahian, dan pembunuhan. Tidak dapat dipungkiri bahwa menonton sudah menjadi rutinitas bagi anak-anak Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dilaksanakan di Dusun harapan jaya RT III RW II kecamatan ketapang Lampung Selatan. Subjek penelitian ini adalah orang tua dan anak sebanyak 17 anak usia 3-6 tahun sedangkan objek dalam penelitian ini adalah dampak film kartun boboyboy pada perkembangan sosial emosional anak usia dini. Sumber data penelitian diperoleh dari tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi Berdasarkan Hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan selama satu bulan Di Dusun Harapan Jaya Rt III Rw II Kec.Ketapang Kab.Lampung Selatan tentang dampak film kartun boboyboy pada perkembangan sosial emosional anak usia dini di dussun harapan jaya kec. Ketapang kab. Lampung selatan sebagai berikut : Dampak positif Positif Dan Negative Film Kartun Pada Sosial Emosional Pada Anak Setelah Menonton Film Kartun Pada Anak Usia 3-6 tahun dengan melihat dari segi positifnya adalah berkembangnya daya imajinasi anak dapat memberikan iv kreatifitas anak dalam kegiatan sehari-hari, baik dalam berteman ataupun ketika belajar di bangku sekolah kemudian dari segi negative anak belum bisa membedakan mana yang baik untuk ditiru dan mana tidak baik untuk ditiru karna itulah anak memperakan Kembali adegan yang terdapat dalam tayang film kartun boboyboy tersebut Kata Kunci : Film Kartun, Perkembangan Sosial Emosional v ABSTRAK Children's social emotional development is greatly influenced by the environment around the child, including the family, community, school and play, and even from the media around the child such as electronic media, namely television. Television is a medium that can share information among the public. However, without realizing it, television also has a negative impact on young children, namely through broadcasts, such as animated films. It is very unfortunate that currently children cite more negative examples than positive ones from television, one of which is values that smell of violence and vulgarity which are not good for their progress. The television program that the subject often sees every day, namely Boi Boi Boy, is a film that contains elements of violence, namely about quarrels, fights, and murder. It cannot be denied that watching has become a routine for children This research uses qualitative research carried out in Harapan Jaya Hamlet, Ketapang District, South Lampung. The subjects of this research were parents and children organized by Harapan Jaya, Ketapang sub-district, South Lampung, as many as 20 children, while the object of this research was the impact of the Boboyboy cartoon film on the social-emotional development of early childhood. Research data sources were obtained from interview techniques,observation and documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation and drawing conclusions. Meanwhile, data validity techniques use triangulation techniquesBased on the results of the analysis and discussion that researchers conducted for one month in Harapan Jaya Hamlet, Ketapang District, South Lampung Regency, regarding the impact of the Boboyboy cartoon film on the social emotional development of early childhood in Harapan Jaya Hamlet, Kec. Ketapang district. South Lampung as follows: Positive and Negative Impact of Cartoon Films on Social Emotional Children After Watching Cartoon Films in Early Childhood. With the development of children's imagination, it vi can provide children with creativity in daily activities, both in making friends and when studying at school. Kata Kunci : Cartoon Films, Social Emosional Development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 May 2024 03:02
Last Modified: 20 May 2024 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33278

Actions (login required)

View Item View Item