PENGARUH PENDEKATAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN PICTURE CARDS TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 2 SUKARAJA KECAMATAN PALAS KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

WINDIYAS, TIANI (2024) PENGARUH PENDEKATAN JOYFULL LEARNING BERBANTUAN PICTURE CARDS TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS 5 SDN 2 SUKARAJA KECAMATAN PALAS KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK WINDYAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan penelitian yang dilakukan di SDN 2 Sukaraja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu penggunaan pendekatan pembelajaran yang sudah bervariatif akan tetapi belum mampu memaksimalkan untuk ikut berpartisipasi dalam pembelajaran khususnya pada pembelajaran IPS. Dengan melihat kenyataan tersebut perlu diterapkan pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan yang friendly kepada yaitu pendekatan pembelajaran joyfull learning. Pendekatan pembelajaran joyfull learning akan sangat efektif dan menyenangkan jika dikombinasikan dengan media picture cards sebagai pendekatan pembelajaran kepada dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran joyfull learning ini mampu meningkatkan kemampuan daya ingat serta interaksi komunikasi dan media picture cards juga mampu membantu untuk mengembalikan konsentrasi saat belajar sehingga berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan Joyfull Learning berbantuan Picture Cards terhadap Partisipasi Belajar IPS Kelas 5 SDN 2 Sukaraja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantutatif menggunakan jenis quasy experimental design dengan desain posttest only group design. Penelitian ini bersifat kuantitatif eksperimen, dengan memberikan kuesioner setelah pembelajaran dilakukan kepada peserta didik. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dimana kelas eksperimen tersebut adalah kelas V A dan untuk kelas kontrol adalah kelas V B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan pengelolaan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan SPSS versi 25 for windows, diperoleh bahwa data hasil kuesioner dari kedua sampel tersebut normal dan homogen. Untuk pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t pendekatan Joyfull Learning berbantuan Picture Cards dalam perhitungan uji-t, didapatkan nilai sig 0,021 < 0,05 . Jika nilai Sig. (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh terkait pendekatan pembelajaran Joyfull learning berbantuan picture cards iii terhadap partisipasi belajar IPS kelas V SDN 2 Sukaraja Kecamatan Palas Kabupaten Lampung Selatan. Kata Kunci : Pendekatan Joyfull Learning, Partisipasi Belajar iv ABSTRACT Based on research conducted at SDN 2 Sukaraja, Palas District, South Lampung Regency, the problem behind this research is the use of varied learning approaches but has not been able to maximize students' ability to participate in learning, especially in social studies learning. By looking at this reality, it is necessary to apply a learning approach using a friendly approach to students, namely a joyful learning approach. The joyful learning approach will be very effective and fun if combined with picture cards as a learning approach for students in the learning process. This joyful learning approach is able to improve students' memory skills as well as students' communication interactions and picture cards media are also able to help students to restore concentration when studying so that students participate in the learning process. This research aims to determine the effect of the Joyfull Learning Approach assisted by Picture Cards on Class 5 Social Studies Learning Participation at SDN 2 Sukaraja, Palas District, South Lampung Regency. This research uses a quantitative research method using a quasi experimental design with a posttest only group design. This research is a quantitative experiment, by giving questionnaires to students after learning. The sampling in this study consisted of two class groups, namely the experimental class and the control class. Where the experimental class is class V A and the control class is class V B. The data collection technique uses a questionnaire. Based on data management from the normality and homogeneity test results calculated using SPSS version 25 for Windows, it was found that the questionnaire data from the two samples were normal and homogeneous. Hypothesis testing is carried out using the t-test. Based on the t-test results of the Joyfull Learning approach assisted by Picture Cards in t-test calculations, a sig value of 0.021 < 0.05 was obtained. If the Sig value. (2-tailed) < 0.05, then H0 is rejected and H1 is accepted. So it can be concluded that the hypothesis H0 is rejected and H1 is accepted. This means that there is an influence related to the Joyfull learning approach assisted by picture cards on social studies learning participation for class V at SDN 2 Sukaraja, Palas District, South Lampung Regency. Keywords : Joyful Learning Approach, Learning Participation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 07:30
Last Modified: 17 May 2024 09:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33274

Actions (login required)

View Item View Item