PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG (EMPTY CHAIR) UNTUK MENGATASI INNER CHILD PADA PESERTA DIDIK MTS EL NUR EL KASYSYAF LAMPUNG SELATAN

Erma, Liana (2024) PENGARUH KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG (EMPTY CHAIR) UNTUK MENGATASI INNER CHILD PADA PESERTA DIDIK MTS EL NUR EL KASYSYAF LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-2& dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of ERMA LIANA FULL SKRIPSI pdf.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Inner child merupakan sisi anak-anak yang terbentuk dari pengalaman masa kecil atau masa dari anak-anak yang terbawa hingga dewasa dan peristiwa yang telah terjadi di masa kecil seperti tindakan kekerasan, pengabaian atau penelantaran, minimnya kasih sayang dan perlindungan yang di dapatkan dari orang tua sehingga melukai inner child pada seseorang. Pada objek penelitian ini terdapat masalah inner child dimana peserta didik kurang berani dalam mengambil keputusan baru dalam hidupnya dan terjebak dengan luka batin yang dialaminya (inner child), takut di hakimi karna pendapatnya dan sering tidak dihargai sehingga sering diam di dalam kelas, sering merasa cemas atau khawatir yang berlebihan ketika di beri tanggung jawab dan lebih suka menyendiri padahal dalam dirinya butuh kasih sayang. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penulis berasumsi untuk melakukan penelitian pada masalah inner child dengan judul penelitian “Pengaruh Konseling Individu Dengan Teknik Kursi Kosong (Empty Chair) Untuk Mengatasi Inner Child Pada Peserta Didik MTs El Nur El Kasysyaf Lampung Selatan”. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui apakah pengaruh konseling individu dengan teknik kursi kosong (empty chair) untuk mengatasi inner child pada peserta didik MTs El Nur El Kasysyaf lampung selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada Filsafat Positivisme. Pendekatan yang digunakan yaitu Pre-experimental design dengan desain penelitian one group pre-test-post-test design yaitu metode pemberian tes awal (pre-test) sebelum diberikan perlakuan (treatment) yang kemudian diberikan (post-test) setelah diberikan perlakuan treatment yang dilakukan peneliti yang diberikan terhadap 5 peserta didik yang telah diketahui memiliki masalah inner child rendah. Hasil uji Wilcoxon diperoleh Z Hitung pada subjek penelitian kelas VIII yaitu -2,032 (tanda – hanya menunjukan arah atau tersebut nisbi) dengan Z tabel 1,96 yang mana Z hitung lebih besar dari Z tabel (-2,032<1,96), serta Asymp. Sig (2-tailed) 0,042 yang lebih kecil dari Asymp. Sig 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa konseling individu iii dengan teknik kursi kosong (empty chair) berpengaruh terhadap mengatasi inner child pada peserta didik MTs El Nur El Kasysyaf Lampung Selatan.Berdasarkan hasil dari dua perbandingan tersebut menunjukan bahwa adanya perbedaan skor setelah diberikan treatment berupa layanan konseling individu dengan teknik kursi kosong (empty chair) untuk mengatasi inner child pada peserta didik MTs El Nur El Kasysyaf Lampung Selatan dengan sebelum diberikan treatment kepada peserta didik. Maka hipotesis Ha diterima: adanya pengaruh konseling individu dengan teknik kursi kosong (empty chair) untuk mengatasi inner child pada peserta didik MTs El Nur El Kasysyaf Lampung Selatan dan sebaliknya Ho ditolak. Kata Kunci : Layanan Konseling Individu, Teknik Kursi Kosong (Empty Chair), Inner Child iv ABSTRACT Inner child is the side of the child that is formed from childhood or childhood experiences that are carried over to adulthood and events that have occurred in childhood such as acts of violence, neglect or neglect, lack of affection and protection received from parents. thus injuring the inner child to someone. In the object of this research there is an inner child problem where students are less courageous in making new decisions in their lives and are trapped with the inner wounds they experience inner child), afraid of being judged for their opinions and are often not respected so they are often silent in class, often feel anxious or worry excessively when given responsibility and prefer to be alone even though he needs love inside. Based on these problems, the authors assume to conduct research on inner child problems with the research title "The Effect of Individual Counseling Using Empty Chair Techniques to Overcome Inner Child in MTs El Nur El Kasysyaf Students, South Lampung". The purpose of this research was to find out whether the effect of individual counseling with the empty chair technique to overcome inner child in MTs El Nur El Kasysyaf students, Lampung Selatan. The research method used in this study is a quantitative research method based on the philosophy of positivism. The approach used is a pre-experimental design with a one group research design pre-test-post-test design, namely the method of giving an initial test (pre-test) before being given treatment which is then given a (post-test) after being given treatment the treatment carried out by the researcher was given to 5 students who were known to have low inner child problems. The Wilcoxon test results obtained z count in class VIII research subjects, namely -2,032 (the – sign only indicates direction or is relative) with Z table 1.96 where Z count is greater than Z table (2,032 <1.96), and Asymp. Sig (2-tailed) 0.042 which is less than Asymp. Sig 0.05 so that it can be said that individual counseling with the empty chair technique has an effect on overcoming inner child in MTs El Nur El Kasysyaf students, South Lampung. Based on the results of the two comparisons, it shows that there is a difference in scores after v being given treatment in the form of individual counseling services with the (empty chair) technique to deal with inner child in MTs El Nur El Kasysyaf students, South Lampung before being given treatment to students. Then the hypothesis Ha is accepted: there is the influence of individual counseling with the (empty chair) technique to overcome inner child in MTs El Nur El Kasysyaf students, South Lampung and vice versa Ho is rejected. Keywords: Individual Counseling Services, Empty Chair Technique, Inner Child

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 07:20
Last Modified: 17 May 2024 08:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33273

Actions (login required)

View Item View Item