PENGARUH KEMISKINAN, PENDIDIKAN, DAN PENGANGGURAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Data Panel 2018-2022)

RAFLI, SAPUTRA (2024) PENGARUH KEMISKINAN, PENDIDIKAN, DAN PENGANGGURAN TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM) DI PROVINSI LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Data Panel 2018-2022). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI RAFLI SAPUTRA FULL.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan suatu ukuran yang digunakan untuk mengukur keberhasilan pembangunan. Meskipun tidak mengukur semua dimensi dari pembangunan manusia, namun dinilai mampu mengukur dimensi pokok dari pembangunan manusia. Meningkatnya nilai IPM menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas pada suatu daerah. Lampung merupakan salah satu provinsi yang memiliki 15 kabupaten dan memiliki jumlah penduduk sebanyak 9,007,848 jiwa. Selama tahun 2018 sampai 2022 nilai Indeks Pembangunan Manusia terus mengalami peningkatan pada setiap tahunnya, akan tetapi jika dibandingkan dengan tingkat Indeks Pembangunan Manusia di provinsi-provinsi di Pulau Sumatera lainnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kemiskinan, pendidikan, dan pengangguran terhadap indeks pembangunan manusia di provinsi lampung dalam perspektif ekonomi islam, metode yan digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis data panel yakni dari tahun 2018-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemiskinan, pendidikan dan penganggguran berpengaruh signifikan terhadap IPM di provinsi Lampung. Dalam penelitian ini jika dilihat dari perspektif ekonomi islam, penelitian ini sesuai dengan ajaran islam bahwa kemisikinan dapat mempengaruhi sumber daya manusia karena masyarakat yang miskin tidak akan memikirkan pendidikan dan kesehatan karena yang dipikirkan hanya bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari. Ketika manusia tidak memikirkan pendidikan, mak taraf hidup nya akan sama seperti sekarang dan akan menyebabkan pengangguran meningkat. Islam sangat melarang untuk menganggur, karena hal ini dapat menyebabkan manusia berada pada zona kemiskinan sedangkan kemiskinan akan mendekatkan pada kekufuran. Kata Kunci: indeks pembangunan manusia, kemiskinan, pendidikan, pengangguran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 06:49
Last Modified: 17 May 2024 06:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33268

Actions (login required)

View Item View Item