PENERAPAN PRINSIP KEADILAN DALAM PENETAPAN UPAH GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah)

CHERLY, QUEEN ANGGITA (2024) PENERAPAN PRINSIP KEADILAN DALAM PENETAPAN UPAH GURU MADRASAH DINIYAH AWALIYAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI CHERLY (Cover - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CHERLY QUEEN ANGGITA 19-2024 FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penetapan upah pengajar merupakan salah satu aspek penting dalam sistem pendidikan yang adil dan berkeadilan. Prinsip pengupahan dalam Islam tidak terlepas dari prinsip dasar kegiatan ekonomi (muamalah) secara umum, khususnya prinsip keadilan dan prinsip moralitas sehingga penulis tertarik untuk meneliti tentang penerapan prinsip keadilan dalam penetapan upah guru madrasah diniyah awaliyah perspektif hukum Islam. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem penetapan upah guru Madrasah Diniyah Awaliyah di Yayasan Nurul Islam? Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang Prinsip keadilan dalam penetapan upah guru Madrasah Diniyah Awaliyah di Yayasan Nurul Islam? Tujuan penelitian ini untuk menganalisis sistem penetapan upah guru Madrasah Diniyah Awaliyah dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam tentang prinsip keadilan dalam penetapan upah guru Madrasah Diniyah Awaliyah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah berjumlah 8 orang. Metode dalam mengumpulkan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Metode pengolahan data menggunakan metode editing dan sistemating. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dijelaskan bahwa sistem penetapan upah guru Madrasah Diniyah Awaliyah di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Dalam pemberian upah, pihak Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya memberikan upah (gaji) kepada guru Madrasah Diniyah Awaliyah menggunakan dana yang didapatkan dari dana SPP siswa yang belajar pada Taman Pendidikan Al-Qur’an dan Madrasah Diniyah Awaliyah di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya sebesar Rp.20.000,00,./bulan. Dana tersebut digabung lalu kemudian diberikan kepada seluruh tenaga pengajar di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya. Pemberian upah guru Madrasah Diniyah Awaliyah seringkali tidak tepat waktu dan terkadang menggunakan sistem rapel. Dalam menetapkan upah yang diberikan kepada guru, pihak Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya melihat mengenai status perkawinan dan jumlah tanggungan yang ditanggung oleh guru tersebut. Tinjauan Hukum Islam tentang Penerapan Prinsip Keadilan dalam Penetapan Upah kepada Guru Madrasah Diniyah Awaliyah Di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Penetapan upah yang diberikan kepada Madrasah Diniyah Awaliyah Di Yayasan Nurul Islam Bandar Jaya Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah sudah menerapkan beberapa prinsip keadilan tetapi masih ada juga prinsip keadilan yang belum dilaksanakan atau diterapkan yaitu ketepatan waktu dalam pembayaran upah atau gaji bagi tenaga pengajar. Kata Kunci: Prinsip Keadilan, Upah Guru, Hukum Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 17 May 2024 06:30
Last Modified: 17 May 2024 06:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33265

Actions (login required)

View Item View Item