PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Siti, Wahidatun Barokah (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI SITI WAHIDATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Memaknai dan mempresentasikan cara penyelesaian suatu permasalahan merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap orang. Penyelesaian masalah adalah suatu proses menerima tantangan dan usaha menyelesaikannya sesuai dengan bagaimana cara seseorang mempresentasikan masalah tersebut. Berdasarkan pra-penelitian yang telah dilakukan di SMP Negeri 7 Bandar Lampung kemampuan berpikir kritis siswa masih terbilang rendah. Ada 74% siswa yang mendapatkan nilai di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dengan mengontrol minat belajar siswa. (2) Untuk mengetahui pengaruh variabel kovariat minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. (3) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan model pembelajaran problem based learning dan minat belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasy experimental design dan sampelnya adalah siswa kelas VIII-3 dan VIII-4 SMP Negeri 7 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yang diterapkan adalah cluster random sampling dengan materi persamaan garis lurus. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes kemampuan berpikir kritis dan angket minat belajar. Pengujian hipotesis menggunakan analysis of covariance (one-way ancova), dengan taraf signifikansi 5% diperoleh (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis. (2) Terdapat pengaruh variabel kovariat terhadap kemampuan berpikir kritis. (3) Terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis dengan mengontrol minat belajar. Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Minat Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis. iv ABSTRACT Interpreting and presenting how to solve a problem is an ability that everyone must have. Problem solving is the process of accepting challenges and trying to solve them according to how one presents the problem. Based on pre-research conducted at SMP Negeri 7 Bandar Lampung, students' critical thinking skills are still relatively low. There are 74% of students who get scores below the KKM. This study aims (1) to determine the effect of a problem-based learning model on critical thinking skills by controlling students' interest in learning. (2) To determine the effect of the covariate variable of student learning interest on critical thinking ability. (3) To determine the simultaneous effect of the problem-based learning model and student learning interest on critical thinking ability. This study used a quasi-experimental design, and the samples were students of classes VIII-3 and VIII-4 of SMP Negeri 7 Bandar Lampung. The sampling technique applied was cluster random sampling with straight line equation material. The instruments used to collect data were a critical thinking ability test and a learning interest questionnaire. Hypothesis checking using analysis of covariance (one�way ancova) with a significance level of 5% obtained (1) There is an effect of the problem-based learning model on critical thinking ability. (2) There is an effect of covariate variables on critical thinking ability. (3) There is an effect of the problem-based learning model on critical thinking ability by controlling learning interest. Keywords : Problem-Based Learning Model, Learning Interest, and Critical Thinking Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 07:39
Last Modified: 15 May 2024 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33242

Actions (login required)

View Item View Item