ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUAH MELON DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Petani Buah Melon di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang)

Dwi, Bela Pertiwi (2024) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BUAH MELON DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN PETANI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Petani Buah Melon di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi dwi bela 1-2 dan dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi dwi bela fulll.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Melihat tingginya kebutuhan permintaan buah melon memberikan prospek yang cerah dan peluang yang besar bagi petani untuk mengembangkan pertanian buah melonnya. Selain itu harga buah melon yang cukup tinggi berkisar Rp. 20.000 – Rp. 25.000 di tingkat produsen sedangkan Rp. 30.000 – 35.000 di tingkat konsumen sehingga menimbulkan meningkatnya pendapatan petani buah melon di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupatn Tulang Bawang. Membudidayakan buah melon merupakan suatu sumber pendapatan bagi petani buah melon. Adapun rumusan masalah: 1. Bagaimana strategi pemasaran buah melon di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang? 2. Bagaimana implementasi pemasaran petani buah melon dalam meningkatkan pendapatan petani buah melon Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang perspektif Ekonomi Islam? 3. Dalam hal ini peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dan penelitian ini bersifat deskriptif. Data primer yang diperoleh melalui wawancara kepada petani buah melon di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang. Sedangkan data sekunder yang diperoleh dari dokumen-dokumen yang ada di lembaga-lembaga yang berkaitan dengan masalah. metode pengumpulan data yang penulis gunakan yaitu : Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Serta penggunaan teknik pengelolaan data, yang dilakukan dengan melakukan tahapan : Editing, Klasifikasi, Interprerstasi dan Analisis Data. Maka didapati hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut : Penggunaan strategi pemasaran yang diterapkan oleh para petani buah melon di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang dalam rangka meningkatkan pendapatan petani adalah dengan menerapkan marketing mix yaitu seperti product, price, place, dan promotion. Adapun upaya strategi promosi yang dilakukan oleh para petani buah melon untuk saat ini masih menggunakan cara yang sangat sederhana yaitu dengan penjualan personal atau promosi langsung (personal selling). Sedangkan Menurut perspektif ekonomi Islam implementasi pemasaran buah melon dalam meningkatkan pendapatan petani di Desa Tunggal Warga Kecamatan Banjar Agung Kabupaten Tulang iv Bawang bahwa para petani buah melon belum sepenuhnya mengimlementasikan konsep pemasaran secara Islam dikarenakan masih ada beberapa petani buah melon yang masih melakukan tindakan mencampurkan produk barang yang berkualitas baik dengan produk yang biasa tanpa ada kejujuran didalamnya dan para petani masih kurang dalam memperhatikan penerapan dan penentuan zakat yang benar. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Peningkatan Pendapatan dan Perspektif Ekonomi Islam. v Abstrack Seeing the high demand for melons provides bright prospects and great opportunities for farmers to develop their melon farms. In addition, the price of melons is quite high, ranging from Rp. 20,000 – Rp. 25,000 at the producer level, while Rp. 30,000 – 35,000 at the consumer level, resulting in an increase in the income of melon fruit farmers in Village Tunggal Warga District Banjar Agung Regency Tulang Bawang. Cultivating melons is a source of income for melon fruit farmers. As for the problem formulation: 1. What is the marketing strategy of melons in the village Tunggal Warga Di District Banjar Agung Regency Tulang Bawang ? 2. . How is the implementation of marketing melon fruit farmers in increasing the income of melon fruit farmers Islamic economic perspectives? 3. In this case, researchers use this type of field research and this research is descriptive. Primary data obtained through interviews with melon fruit farmers melons in the village Tunggal Warga Di District Banjar Agung Regency Tulang Bawang. While secondary data are obtained from documents in institutions related to the problem. The data collection methods that the author uses are: Observation, Interview, and Documentation. As well as the use of data management techniques, which are carried out by carrying out stages: Editing, Classification, Interpretation and Data Analysis. So the results of this study are as follows: The use of marketing strategies applied by melon fruit farmers farmers melons in the village Tunggal Warga Di District Banjar Agung Regency Tulang Bawang. In order to increase farmers' income is to implement a marketing mix such as product, price, place, and promotion. The promotional strategy efforts carried out by melon farmers for now still use a very simple way, namely by personal sales or direct promotion (personal selling). Meanwhile, according to the perspective of Islamic economics, the implementation of melon marketing in increasing the income of farmers in the village Tunggal Warga Di District Banjar Agung Regency Tulang Bawang that melon farmers have not fully implemented the concept of Islamic marketing vi because there are still some melon fruit farmers who still do the act of mixing good quality goods products with ordinary products without any honesty in it and farmers still lack in paying attention to the correct application and determination of zakat. Keywords: Marketing Strategy, Revenue Increase and Islamic Economic Perspective.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 04:58
Last Modified: 15 May 2024 04:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33234

Actions (login required)

View Item View Item