PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP/MTs

PUTRI, RAHAYU (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP/MTs. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL PUTRI RAHAYU.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latarbelakangi oleh penggunaan buku cetak dalam proses pembelajarannya. Adapun pada media cetak ini mencangkup pada segi desain yang sederhana dan kurang menarik. Dalam proses pembelajaran PAI khususnya materi sholat jamak qasar pendidik masih menggunakan metode ceramah dan bahan ajar cetak, dan penggunaan media pembelajaran belum berlajan secara efektif di sekolah tersebut. Sedangkan sekolah sudah menyediakan fasilitas LCD proyektor tetapi belum digunakan secara maksimal dalam proses pembelajaran. Materi sholat jamak qasar mencakup pembahasan yang luas, dan peserta didik sulit memahami jika tidak dibantu dengan media pembelajaran. Dengan ini media pembelajaran tersebut bertujuan untuk membuat waktu belajar lebih efisien dan efektif, mempermudah pemahaman materi yang membutuhkan kejelasan suara, menarik untuk diperhatikan, dan penggunaan yang mudah baik secara operasional maupun financial. Maka dari itu perlu adanya suatu pengembangan media berupa vidio pembelajaran, sehingga kesulitan peserta didik dapat diminimalisir. Sesuai dengan kebutuhan peserta didik, maka peneliti tertarik mengembangkan media yang inovatif dan belum digunakan sebelumnya oleh pendidik, yaitu media pembelajaran berupa Media Animasi, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dengan diharapkannya peserta didik dapat jauh lebih memahami khusunya mata pelajaran PAI dengan materi sholat jamak qasar. Dengan menggunakan media yang unik dan menyenangkan maka diharapkan peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran dan merasakan hal yang baru. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan produk media pembelajaran berbasis media animasi dengan melalui berbagai tahapan mulai dari perancangan media pembelajaran, validasi dari berbagai ahli, mengetahui bagaimana respon guru dan peserta didik terhadap media pembelajaran. Model penelitian yang digunakan ialah model penelitian pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE memiliki lima tahap, antara lain: 1) Analisis, 2) Desain, 3) Development, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Pengembangan media animasi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam iv dikembangkan melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi serta di uji cobakan kepada peserta didik yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil penelitian media animasi dinyatakan layak oleh para ahli media dengan presentase 95% dengan krieria sangat layak dan ahli meteri dengan presentase 98% dengan krieria sangat layak. Setelah dinyatakan layak, maka selanjutnya produk terebut akan diterapkan disekolah yang telah ditentukan, kemudian dari para peserta didik pada uji coba skala kecil mendapat penilaian dengan persentase 86% dengan kriteria sangat menarik dan pada uji coba skala besar mendapatkan penilaian dengan persentase 85% dengan kriteria sangat menarik. Kata Kunci : Media Animasi, ADDIE, Sholat Jamak Qasar v ABSTRACT This research is motivated by the use of printed books in the learning process. As for print media, it covers simple and unattractive designs. In the PAI learning process, especially in the jamak qasar prayer material, educators still use lecture methods and printed teaching materials, and the use of learning media has not yet been implemented effectively in the school. Meanwhile, schools have provided LCD projector facilities but they have not been used optimally in the learning process. The material for jamak qasar prayers includes extensive discussion, and students find it difficult to understand if they are not assisted by learning media. With this learning media, the aim is to make study time more efficient and effective, make it easier to understand material that requires clarity of voice, be interesting to pay attention to, and be easy to use both operationally and financially. Therefore, it is necessary to develop media in the form of learning videos, so that students' difficulties can be minimized. In accordance with the needs of students, researchers are interested in developing innovative media that has not been used before by educators, namely learning media in the form of animated videos, which can be used in the learning process with the hope that students will be able to understand much better, especially PAI subjects with material on plural qasar prayers. By using unique and fun media, it is hoped that students can achieve learning goals and experience new things. This research aims to create animated video-based learning media products by going through various stages starting from designing learning media, validation from various experts, and finding out how teachers and students respond to learning media. The research model used is the ADDIE development research model. The ADDIE development model has five stages, including: 1) Analysis, 2) Design, 3) Development, 4) Implementation, 5) Evaluation. The development of animation media in Islamic Religious Education subjects was developed through the validation stage of media experts and material experts and was tested on 30 students. vi Based on research results, animation media was declared feasible by media experts with a percentage of 95% with very feasible criteria and material experts with a percentage of 98% with very feasible criteria. After being declared feasible, the product will then be applied in schools that have been determined starting from the assessment, then the students in the small�scale trial will receive an assessment using percentage 86% with the criteria very interesting and in large-scale trials get an assessment with the percentage 85% with the criteria very interesting. Keywords: Animation Media, ADDIE, Jamak Qasar Prayer

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 04:08
Last Modified: 15 May 2024 05:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33231

Actions (login required)

View Item View Item