PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KAUM IBU DI MASJID AS-SALAAM PERUMAHAN KARUNIA INDAH KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

SOFIE, AISYAH SHABILLA (2024) PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KAUM IBU DI MASJID AS-SALAAM PERUMAHAN KARUNIA INDAH KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SOFI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PELAKSANAAN PROGRAM TAHSIN TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN KAUM IBU DI MASJID AS-SALAAM PERUMAHAN KARUNIA INDAH KECAMATAN SUKABUMI BANDAR LAMPUNG Oleh : Sofie Aisyah Shabilla Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program kegiatan tahsin, kemudian mendeskripsikan pelaksanaan program tahsin dan juga mendeskripsikan faktor penghambat serta solusi dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an kaum ibu di Masjid As-Salaam Perumahan Karunia Indah Kecamatan Sukabumi. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, kemudian menggunakan jenis penelitian (research field) penelitian lapangan dan juga menggunakan pendekatan fenomenologi, sesuai dengan pengalaman para kaum ibu dalam mengikuti program tahsin sebagai dasar pengumpulan data dan mendapatkan hasil dari penelitian tersebut. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini sesuai dengan rumusan masalah yaitu program kegiatan pada program tahsin terdapat menjadi 2 bagian: program tahsin inti dan program pengajian yasin jumat. Kemudian dalam pelaksanaan program tahsin tersebut dapat diketahui waktu pelaksanaan, tujuan dan dasar, proses pembelajaran, metode serta media program tahsin sesuai dengan program kegiatan yang telah dibuat, kemudian terdapat juga faktor penghambat salah satunya faktor umum yang sudah tidak muda lagi, serta solusi dalam program tahsin ialah harus sering berlatih dan mengulang bacaan yang sudah dipelajari tersebut. Berdasarkan hasil pada penelitian ini ialah sudah terdapat adanya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur‟an kaum ibu melalui pelaksanaan program tahsin sesuai rencana dan tujuan. Kata kunci : Tahsin, Membaca Al-Qur’an, dan Kaum Ibu iv ABSTRACT This research aims to describe the tahsin activity program, then describe the implementation of the tahsin program and also describe the inhibiting factors and solutions in improving the Al�Qur'an reading skills of mothers at the As-Salaam Mosque, Karunia Indah Housing, Sukabumi District. This research uses a descriptive qualitative method, then uses field research and also uses a phenomenological approach, in accordance with the experiences of mothers in participating in the tahsin program as the basis for collecting data and obtaining results from the research. It can be concluded that the results of this research are in accordance with the problem formulation, namely that the activity program in the Tahsin program is divided into 2 parts: the core Tahsin program and the Friday Yasin recitation program. Then, in implementing the tahsin program, it can be seen that the implementation time, objectives and basis, learning process, methods and media of the tahsin program are in accordance with the activity program that has been created, then there are also inhibiting factors, one of which is general factors that are no longer young, as well as solutions in the program Tahsin is to often practice and repeat the reading that has been studied. Based on the results of this research, there has been an increase in mothers' ability to read the Al-Qur'an through the implementation of the tahsin program according to plans and objectives. Keywords: Tahsin, Reading the Qur’an, and Mothers

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 03:43
Last Modified: 15 May 2024 05:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33228

Actions (login required)

View Item View Item