PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA PELAJARAN PAI BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 01 MESUJI TIMUR

SEPTI, WULAN SARI (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK MATA PELAJARAN PAI BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMA N 01 MESUJI TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI SEPTI WULAN SARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan modul elektronik mata pelajaran PAI berbasis aplikasi canva di SMA N 01 Mesuji Timur. Tingkat kelayakan modul elektronik mata pelajaran PAI berbasis aplikasi canva. Tujuan lainnya adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik mata pelajaran PAI berbasis aplikasi canva di SMA N 01 Mesuji Timur. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Subjek penelitian dan pengembangan ini adalah siswa kelas XI IPA di SMA N 01 Mesuji Timur. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah wawancara, angket validasi, angket kemenarikan, dan tes. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest Posttest yang menggunakan satu kelas yaitu kelas XI IPA dengan jumlah responden 30 siswa. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah canva. Pemilihan aplikasi ini didasarkan pada penggunaannya yang mudah dan dapat menggabungkan gambar, animasi, suara, dan video. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif deskriptif dan analisis data kuantitatif dengan menggunakan rumus n-gain. Adapun langkah-langkah pengembangan modul elektronik mata pelajaran PAI berbasis aplikasi canva yang pertama yaitu menganalisis kebutuhan siswa, analisis kurikulum, dan analisis karakteristik siswa. Langkah kedua yaitu mendesain, yang ketiga yaitu mengembangkan media yang sudah dirancang, selanjutnya validasi produk yang sudah dikembangkan. Langkah keempat yaitu implementasi atau mengujicobakan kepada siswa, dan yang terakhir yaitu mengevaluasi produk yang dikembangkan. Hasil uji kelayakan oleh validator ahli materi mendapat skor 75%, ahli media mendapat skor 77,3%, dan ahli bahasa mendapat skor 92,5% dengan kriteria layak untuk digunakan. Uji respon kemenarikan oleh pendidik mendapat skor 75% dan respon kemenarikan oleh siswa mendapat skor 92,01% dengan kriteria sangat menarik. Hasil efektivitas produk untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa dengan memberikan pretest dan posttest dengan nilai pretest memperoleh skor rata-rata 48,16 dan nilai posttest memperoleh skor rata-rata 77,60, sehingga iv terlihat perbedaan sebesar 29,5. Kemudian nilai pretest dan posttest dihitung dengan rumus n-gain diperoleh hasil skor rata-rata 0,56 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji coba kelayakan dan uji coba kemenarikan dapat disimpulkan bahwa modul elektronik mata pelajaran PAI berbasis aplikasi canva dinyatakan layak dan sangat menarik digunakan dalam proses pembelajaran. Dan berdasarkan hasil efektivitas produk dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesudah menggunakan modul elektronik mata pelajaran PAI berbasis aplikasi canva di SMA N 01 Mesuji Timur. Kata Kunci: Modul Elektronik, PAI, Hasil Belajar v ABSTRACT The purpose of this research and development is to find out the steps for developing electronic modules for PAI subjects based on the Canva application at SMA N 01 Mesuji Timur. The feasibility level of the PAI electronic module based on the Canva application. Another objective is to determine student learning outcomes before and after using the electronic module for PAI subjects based on the Canva application at SMA N 01 Mesuji Timur. This research methodology uses the research and development method (Research and Development) with the ADDIE development model which consists of five stages, namely: Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. The subjects of this research and development were class XI science students at SMA N 01 Mesuji Timur. The techniques used to collect data are interviews, validation questionnaires, attractiveness questionnaires, and tests. This research design is One Group Pretest Posttest which uses one class, namely class XI Science with a total of 30 students as respondents. The application used in this research is Canva. The selection of this application was based on its ease of use and the ability to combine images, animation, sound and video. The data analysis technique used in this research is descriptive qualitative data analysis and quantitative data analysis using the n�gain formula. The first steps for developing electronic modules for PAI subjects based on the Canva application are analyzing student needs, curriculum analysis and analysis of student characteristics. The second step is designing, the third is developing the media that has been designed, then validating the product that has been developed. The fourth step is implementation or testing on students, and the last is evaluating the product being developed. The results of the feasibility test by the material expert validator got a score of 75%, the media expert got a score of 77.3%, and the linguist got a score of 92.5% with the criteria being suitable for use. The teacher's attractiveness response test received a score of 75% and the student's attractiveness response received a score of 92.01% with very attractive criteria. The results of product effectiveness to see the increase in student learning outcomes by providing pretest and posttest with the pretest score getting an average score of 48.16 and vi the posttest score getting an average score of 77.60, so you can see a difference of 29.5. Then the pretest and posttest scores were calculated using the n-gain formula, resulting in an average score of 0.56 in the medium category. Based on feasibility trials and attractiveness trials, it can be concluded that the PAI electronic module based on the Canva application is declared feasible and very interesting to use in the learning process. And based on the results of the product's effectiveness, it can be concluded that student learning outcomes have increased after using the electronic module for PAI subjects based on the Canva application at SMA N 01 Mesuji Timur. Keywords: Electronic Modules, PAI, Learning Results

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 May 2024 02:58
Last Modified: 15 May 2024 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33224

Actions (login required)

View Item View Item