Penerapan Metode Cooperative Learning Dengan Menggunakan Tehnik Think-Pare-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada SMPN 20 Bandar Lampung TP.2012/2013

Dr. Romlah, M.Pd.I (2013) Penerapan Metode Cooperative Learning Dengan Menggunakan Tehnik Think-Pare-Share (TPS) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada SMPN 20 Bandar Lampung TP.2012/2013. Jurnal Al-Biruni (2). pp. 1-9. ISSN 2303-1832

[thumbnail of ipi342274.pdf] PDF
Download (150kB)

Abstract

Pembelajaran yang sesuai untuk menciptakan interaksi dan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitumenggunakan metode cooperative learning dengan tehnik think-pare-share. Dalam pembelajaran ini, peserta didik dilatih untuk bagaimana mengutarakan pendapat dan peserta didik juga belajar menghargai pendapat orang lain. Penelitian inibertujuan untuk mengetahui apakah dengan menerapkan metode cooperative learning menggunakan tehnik think-pare-share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik di SMP Negeri 20 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2012/2013. PTK ini dilakukan dikelas VIII D dengan jumlah peserta didik 36 yang akan dibagi menjadi kelompok heterogen, dengan pembagian peserta didik yang mempunyai nilai dan kemampuan lebih baik akan dipasangkan dengan peserta didik yang memiliki kemampuan rendah, tujuannya agar peserta didik yang memiliki nilai lebih rendah akan menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Ti ap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada tiap siklusnya dan hasil tes di akhir siklus ketuntasan belajar minimal 75% dari jumlah peserta didik yang mencapai nilai KKM yaitu ≥67. Hasil penelitian dikelas VIII D menunjukan peningkatan nilai pada setiap siklusnya. Persentase ketuntasan hasil belajar fisika peserta didik pada siklus 1 yaitu sebesar 41,67 %. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 25,03 % menjadi 66,7 % dan pada siklus III mengalami peningkatan sebesar 24,97 % menjadi 91,67%. Sedangkan rata-rata hasil belajar fisika peserta didik pada siklus 1 sebesar 59,44. Siklus II meningkat menjadi 68,61 dan pada siklus III menjadi 78,61. Berdasarkan hasil dari analisis data, dapat disi mpulkan bahwa hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode cooperative learning dengan menggunakan tehnik think pare share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dan disarankan kepada guru pendidik agar dapat dipergunakan sebagai metode alternatif guru dalam menyampaikan materi khususnya fisika. Kata Kunci : Metode Cooperative Learning dengan tehnik Think Pare Share (Berpikir-Berpasangan-Berbagi), Hasil Belajar.

Item Type: Article
Subjects:
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: PTIPD Admin
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:42
Last Modified: 16 Apr 2018 00:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3322

Actions (login required)

View Item View Item