TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN KEPALA DESA DALAM MENGATASI DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKIBAT PANDEMI COVID-19 (Studi di Desa Perapau Kecamatan Semendo Darat Laut Kabupaten Muara Enim)

Khairul, Rizki (2024) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN KEPALA DESA DALAM MENGATASI DAMPAK SOSIAL DAN EKONOMI AKIBAT PANDEMI COVID-19 (Studi di Desa Perapau Kecamatan Semendo Darat Laut Kabupaten Muara Enim). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK KHAIRUL RIZKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Hingga saat ini meskipun pandemi Covid 19 telah berangsur�angsur hilang namun dampak dari pandemi tersebut belum sepenuhnya hilang terutama dampak ekonomi dan sosial bagi masyarakat pedesaan, maka dari itu peran seorang Kepala Desa dan pemerintah desa lainnya sangatlah dibutuhkan bagi masyarakat didalam mengatasi dampak dari pandemi tersebut dan itu merupakan tugas dan kewajiban seorang Kepala Desa sebagaimana dijelaskan didalam UU No 6 Tahun 2014 Tentang Desa pasal 26 ayat (1) dan (2) poin h. Namun kenyataan dalam keberlangsungannya, peran Kepala Desa dan pemerintah desa tersebut masih belum terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang masih mengeluhkan akan masalah perekonomian dan sosial, karena kurangnya tindakan kepala desa dan pemerintah lainnya untuk mengatasi dampak akibat dari covid-19 di Desa Perapau Kecamatan Semendo Darat Laut Kabupaten Muara Enim, seperti didalam pemberian bantuan terhadap masyarakat miskin di desa tersebut masih belum terlaksana sebagaimana mestinya sehingga masih banyak masyarakat yang lain mengeluhkan akan hal itu. Rumusan maslah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Kepala Desa dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 didesa Perapau, Bagaimana tinjauan Fiqh Siasah terhadap peran Kepala Desa dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi Covid-19 di Desa Perapau. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitia lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengangkat data yang ada dilapangan. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari bagaimana peran seorang Kepala Desa dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi covid-19 didesa Perapau dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Fiqh siyasah terhadap peran Kepala Desa dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian peran Kepala Desa dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat dari covid-19 sudah berjalan dengan baik sebagaimana mestinya, Kepala desa Perapau telah membuat kebijakan dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat dari covid-19 seperti memberikan bantuan dalam iv bidang ekonomi seperti BLT, BPNT dan PKH, menghapuskan kebijakan untuk tidak mengundang terlalu banyak tamu dalam acara�acara keluarga yang dibuat saat pandemi covid-19 dan kembali mengadakan pasar mingguan, dan Menurut pandangan fiqh siyasah peran seorang Kepala Desa Perapau dalam mengatasi dampak sosial dan ekonomi akibat covid-19 di Desa Perapau atau yang disebut sebagaimana telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 pasal 26 ayat 2 poin h Tentang Desa telah berjalan sebagaimana mestinya dengan memebuat beberapa kebijakan untuk mengatasi masalah ekonomi dan sosial akibat dari covid-19. Kata kunci : Tinjauan, Fiqh siyasah, Peran Kepala Desa, Dampak sosial dan ekonomi akibat covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 06:55
Last Modified: 14 May 2024 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33213

Actions (login required)

View Item View Item