MENINGKATKAN KREARIFITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DENGAN BERMAIN

Dr. Romlah, M.Pd.I (2015) MENINGKATKAN KREARIFITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DENGAN BERMAIN. Darul Ilmi. ISSN 20866909

[img] PDF
Download (295kB)

Abstract

Perkembangan media pembelajaran sangatlah pesat, hal ini berbanding lurus dengan perkembangan teknologi. Media pembelajaran merupakan komponen komunikasi yang berfungsi sebagai perantara dari pengirim ke penerima. Media pembelajaran mempunyai peranan penting dalam kegiatan proses pembelajaran, agar kegiatan pembelajaran tersebut menjadi lebih efektif. Ditinjau dari pengertian komunikasi maka proses pembelajaran sebenarnya juga proses komunikasi, maka posisi media pembelajaran adalah sebagai komponen yang penting dari sistem pembelajaran. Kegagalan-kegagalan penyampaian pesan dalam proses pembelajaran dari pendidik (komunikator) kepada peserta didik (komunikan) salah satu penyebabnya adalah pemilihan media pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dan akan diterima oleh peserta didik kurang sesuai dengan usia perkembangan anak usia dini. Selama ini, sistem pendidikan di Indonesia sangat mengagungkan pembenahan sisi kognitif. Para peserta didik banyak dijejali mata pelajaran yang memaksa mereka terampil berhitung dan menghafal. Mereka diperlakukan layaknya sebuah robot, harus menuruti aturan main yang sudah dibuat. Padahal, pendidikan bagi peserta didik sangat diperlu permainan yaitu belajar sambil bermain untuk mengembangkan dunia kreatifitas mereka. Kata kunci: komunikasi, kretivitas anak , media, media pembelajaran, pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: ?? PGRA ??
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: PTIPD Admin
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:35
Last Modified: 09 Mar 2018 02:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3321

Actions (login required)

View Item View Item