EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDS DCC GLOBAL SCHOOL BANDAR LAMPUNG

Pujie, Rahayu Safitry (2024) EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SDS DCC GLOBAL SCHOOL BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Evaluasi terhadap suatu program sangat bermanfaat khususnya bagi pengambil keputusan serta pihak yang terkait langsung dalam pelaksanaan program. Hasil evaluasi program dapat digunakan sebagai umpan balik dan dasar pertimbangan pengambilan keputusan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah SDS Dcc Global School Bandar Lampung merupakan sekolah umum yang didalamnya mengembangkan program inklusi dan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi sesuai atau tidak dengan standar pendidikan inklusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan evaluasi program pendidikan inklusi di SDS Dcc Global School Bandar Lampung yang menyelenggarakan pendidikan inklusi sejak tahun 2012. Evaluasi program dalam penelitian ini dilakukan dengan model evaluasi CIPP (context, input, process dan product). Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/penarikan kesimpulan. Sumber data dalam penelitian ini diantaranya kepala sekolah, wali kelas, guru pendamping khusus (GPK) dan tim inklusi. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program pendidikan inklusi di SDS Dcc Global School Bandar Lampung dengan menggunakan model evaluasi CIPP bahwa pada evaluasi konteks, menunjukkan sekolah dalam pelaksanaan program inklusi sesuai dengan Direktorat Pembinaan PKLK Pendidikan Dasar Tahun 2012 dan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 pasal 11 ayat 1-5. Pada evaluasi input, pelatihan belum merata dan belum secara rutin diberikan. Sekolah belum mempunyai GPK yang sesuai dengan kompetensinnya dan untuk ketersediaan sarana dan prasarana bagi ABK belum memadai. Kurikulum sudah modifikasi sesuai dengan karakteristik peserta didik. Pada evaluasi proses, perencanaan pembelajaran untuk ABK bersumber dari hasil assesmen dan identifikasi di awal dan memberikan implikasi yang positif untuk ABK. Kompetensi guru baik reguler ataupun GPK cukup memadai dalam menangani ABK. Dan untuk pembiayaan pelaksanaan program di sekolah telah diberikan oleh pemerintah yang memang dikhususkan untuk melayani dan membantu dalam proses penyelenggaraan program inklusi. Dan pada evaluasi produk, hasilnya menunjukkan bahwa prestasi akademik dan non akademik anak berkebutuhan khusus rata-rata, dampak bagi warga sekolah beriklim positif dan ramah, tetapi dampak bagi masyarakat masih memiliki banyak pro kontra. Kata Kunci: Evaluasi Program, CIPP, Pendidikan Inklusi iv ABSTRAK Evaluation of a program is very useful, especially for decision makers and parties directly involved in program implementation. The results of program evaluation can be used as feedback and a basis for decision-making considerations. The problem in this study is that SDS Dcc Global School Bandar Lampung is a public school in which it develops an inclusion program and in the implementation of inclusive education in accordance or not with inclusive education standards. This study aims to determine the implementation and evaluation of inclusive education programs at SDS Dcc Global School Bandar Lampung, which has provided inclusive education since 2012. The program evaluation in this study was carried out using the CIPP evaluation model (context, input, process and product). This research method uses a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data presentation and data verification/conclusion drawing. The data sources in this study included the principal, homeroom teacher, special assistant teacher (GPK) and inclusion team. Data collection techniques using source triangulation. Based on the results of the study, it shows that the evaluation of the inclusive education program at SDS Dcc Global School Bandar Lampung using the CIPP evaluation model that the context evaluation shows that the school is implementing the inclusion program in accordance with the Directorate of PKLK Development for Basic Education in 2012 and Permendiknas No. 70 of 2009 article 11 paragraphs 1-5. In the input evaluation, training has not been evenly distributed and has not been routinely provided. Schools do not yet have GPKs that are in accordance with their competence and The curriculum has been modified according to the characteristics of the students. The evaluation of the learning planning process for children with and GPK teachers is adequate in dealing with children with disabilities. And the financing for the implementation of the program at school has been provided by the government, which is devoted to serving and assisting in the process of implementing the inclusion program. And in the product evaluation, the results show that the academic and non-academic achievements of children with special needs are average, the impact on the school community is positive and friendly, but the impact on society still has many pros and cons. Keyword: Program Evaluation, CIPP, Inclusive Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 04:55
Last Modified: 14 May 2024 06:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33207

Actions (login required)

View Item View Item