INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG

Annisa, Nabila Zein (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI PONDOK PESANTREN AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Annisa Nabila Zein OK.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren memiliki peranan yang sangat penting dalam pembelajaran ilmu agama islam, namun selain sebagai tempat untuk belajar mengenai ilmu agama islam, pondok pesantren juga sebagai tempat pembinaan karakter dan akhlak. Salah satunya yakni pembinaan nilai-nilai pendidikan multikultural. Pondok Pesantren Al�hikmah Bandar Lampung ini merupakan pondok pesantren yang terletak di tengah masyarakat yang beragam suku, agama, ras serta budaya ditambah lagi dengan santrinya yang berasal dari berbagai wilayah dengan berbagai keberagamannya juga. Dan pembinaan nilai�nilai pendidikan multikultural ini dilakukan karena munculnya berbagai konflik di Indonesia khususnya di Pondok Pesantren yang bersumber dari perbedaan latar belakang seperti suku, budaya, kelas sosial, kebiasaan dan lain sebagainya. Sehingga dapat dikatakan bahwa pendidikan multikultural ini cocok sekali untuk di terapkan di lingkungan yang plural dan majemuk seperti di Pondok Pesantren yang multikultural. Maka dari itu, penanaman nilai-nilai pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Al-hikmah Bandar Lampung ini bertujuan untuk mendidik dan membina akhlak para santri agar dapat lebih menghargai, menghormati dan dapat menerima akan adanya perbedaan dalam kehidupan, khususnya perbedaan-perbedaan kecil yang sering muncul dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Al-hikmah Bandar Lampung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dan dalam pengumpulan data, penelitian ini menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan pengurus serta santri di Pondok Pesantren Al-hikmah Bandar Lampung. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk uji keabsahan data, menggunakan triangulasi sumber. Hasil temuan menunjukan bahwa proses internalisasi nilai�nilai pendidikan multikultural di Pondok Pesantren Al-hikmah berjalan dengan sangat baik dan dengan menggunakan pola atau model internalisasi, yakni pertama pengajaran,biasanya pengajaran iv saat pengajain, mengaji kitab kuning atau di madrasah, kedua keteladanan, yang mana kyai, pengajar dan para pengurus menjadi teladan bagi para santrinya. Ketiga pembiasaan, dengan membiasakan kegiatan rutin yang bersifat kebersamaan, tolong menolong dan toleransi. Seperti kegiatan ro’an, bahtsul kutub , dan kegiatann gotong royong dengan masyarakat sekitar. Keempat pemotivasian, dengan pemberian penghargaan atau hukuman dan yang terakhir penegakan aturan yang tegas. Dan Nilai-nilai pendidikan multikultural yang telah ditanamkan di Pondok Pesantren Al-hikmah meliputi nilai kebersamaan dan tolong menolong, nilai keadilan dan kesetaraan dan nilai toleransi. Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Pondok Pesantren. v ABSTRACT Islamic boarding schools have a very important role in learning Islamic religious knowledge, but apart from being a place to learn about Islamic religious knowledge, Islamic boarding schools are also a place for character and moral development. One of them is fostering the values of multicultural education. Al-hikmah Islamic Boarding School Bandar Lampung is an Islamic boarding school located in the middle of a diverse ethnic, religious, racial and cultural community plus its students who come from various regions with various diversity as well. And the development of multicultural educational values is carried out because of the emergence of various conflicts in Indonesia, especially in Islamic boarding schools originating from differences in backgrounds such as ethnicity, culture, social class, habits and so on. So it can be said that multicultural education is very suitable to be applied in a plural and plural environment such as in multicultural Islamic boarding schools. Therefore, the cultivation of multicultural educational values at the Al-hikmah Islamic Boarding School Bandar Lampung aims to educate and build the morals of the students so that they can better appreciate, respect and be able to accept the differences in life, especially small differences that often arise in community life. This study aims to analyze and describe the internalization of multicultural education values in Al-hikmah Islamic Boarding School Bandar Lampung. In this study, researchers used descriptive qualitative methods. And in collecting data, this study used observation, documentation and interview methods with administrators and students at the Al-hikmah Islamic Boarding School Bandar Lampung. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation and conclusions. And to test the validity of the data, use source triangulation. The findings show that the process of internalizing the values of multicultural education in the Al-hikmah Islamic Boarding School runs very well and refers to the pattern or model of internalization according to Aan Hasanah, namely first teaching, usually teaching during lectures, reciting the yellow book or in madrasas, second vi exemplary, where kyai, teachers and administrators become role models for their students. Third, habituation, by getting used to routine activities that are mutual, please help and tolerate. Such as ro'an activities, polar bahtsul, and mutual cooperation activities with the surrounding community. The fourth is motivation, with the provision of rewards or punishments and the last is strict enforcement of rules. And the values of multicultural education that have been instilled in the Al-hikmah Islamic Boarding School include the value of togetherness and help, the value of justice and equality and the value of tolerance Keywords: Internalization, Multicultural Education Values, Islamic Boarding School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 04:49
Last Modified: 14 May 2024 06:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33206

Actions (login required)

View Item View Item