PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

Alfina, Khoirunnisa (2024) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI KERJA GURU DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Peran Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Motivasi Kerja Guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian Kuantitatif. Populasi yang terdapat pada penelitian ini berjumlah 43 guru. Teknik pengumpulan data ini menggunakan angket (kuesioner) ke 43 guru dengan bantuan google formulir, dengan menggunakan Teknik Total Sampling yakni teknik pengambilan sampel dimana jumlah sampel sama dengan populasi. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan guru yang ada di sd Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Adapun skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert dengan 4 alternatif jawaban. Uji validitas menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS 26. Selanjutnya untuk mengetahui hasil data yang dikumpulkan dilakukan perhitungan dengan menggunakan regresi linier berganda dan koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara peran kepala sekolah terhadap peningkatan motivasi kerja guru di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung berdasarkan data perhitungan menggunakan SPSS 26 for Windows. Menunjukan bahwa peningkatan motivasi kerja guru sebesar 47.358. artinya setiap peningkatan variabel peran kepala sekolah (X) sebesar 1 satuan maka akan meningkatkan motivasi kerja guru (Y) sebesar 47.358 dengan asumsi variabel lain konstan atau tetap. Pada koefisien determinasi (R Square) bahwa peran kepala sekolah tidak berpengaruh terhadap peningkatan motivasi kerja guru sebesar 12,6%. Sedangkan sisanya 100% - 12,6% = 87,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Berdasarkan penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa semakin baik peran kepala sekolah, maka motivasi kerja guru akan meningkat. Adapun rekomendasi yang dapat penulis berikan yaitu 1.) Bagi kepala sekolah diharapkan dapat memahami guru, dikarenakan dengan cara ini dapat dengan mudah membimbing guru yang memiliki motivasi kerja yang rendah. 2.) Bagi guru diharapkan dapat meningkatkan semangat dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, agar dapat dijadikan figur atau contoh yang baik bagi para peserta didik. Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah, Peningkatan Motivasi Kerja Guru iv ABSTRACT This research aims to determine the influence of the role of the principal on increasing teacher work motivation at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This research uses quantitative research. The population in this study was 43 teachers. This data collection technique uses a questionnaire to 43 teachers with the help of Google Forms, using the Total Sampling Technique, namely a sampling technique where the number of samples is the same as the population. So the sample in this study was all teachers at Muhammadiyah 1 Elementary School in Bandar Lampung. The scale used in this research is a Likert scale with 4 alternative answers. The validity test used Pearson Product Moment and the reliability test used Cronbach Alpha with the help of SPSS 26. Next, to find out the results of the data collected, calculations were carried out using multiple linear regression and the coefficient of determination. The results of this research show that there is no significant influence between the role of the principal on increasing teacher work motivation at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung based on calculation data using SPSS 26 for Windows. Shows that the increase in teacher work motivation was 47,358. This means that every increase in the principal's role variable (X) by 1 unit will increase teacher work motivation (Y) by 47,358 assuming other variables are constant or fixed. The coefficient of determination (R Square) shows that the role of the principal has no effect on increasing teacher work motivation by 12.6%. Meanwhile, the remaining 100% - 12.6% = 87.4% is influenced by other factors not researched. Based on the research above, it can be concluded that the better the role of the school principal, the more teacher work motivation will increase. The recommendations that the author can give are 1.) Principals are expected to be able to understand teachers, because this way they can easily guide teachers who have low work motivation. 2.) It is hoped that teachers can increase enthusiasm in carrying out their duties and responsibilities, so that they can become good figures or examples for students. Keywords: Role of the Principal, Increasing Teacher Work Motivation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 04:44
Last Modified: 14 May 2024 06:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33205

Actions (login required)

View Item View Item