PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG

ANITA, AYU PUTRI (2024) PELAKSANAAN LAYANAN KONSELING INDIVIDU TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGATASI PERILAKU MEMBOLOS PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-2& Dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANITA AYU PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya perilaku membolos peserta didik Sebagaimana Guru BK. Maka dari itu perlu adanya Pelaksanaan dan perubahan yang dirasakan oleh konseli setelah melaksanakan konseling individu dengan teknik Self-Management. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan dan perubahan yang dirasakan setelah menggunakan Teknik Sel-Management Untuk mengatasi perilaku membolos Peserta Didik di SMA Negeri 16 Bandar Lampung Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori layanan konseling individu dengan teknik Self-Management untuk mengurangi perilaku membolos peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kulitatif dengan desain dengan desain penelitian studi kasus, kasus. Kasus dalam penelitian ini terdiri dari 3 kasus yang berbeda subyek penelitian dan obyek penelitian adalah Guru BK SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Adapun prosedur pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling individu dengan teknik self-management, terdiri dari 5 langkah yaitu memilih Tujuan, Menterjemahkan Tujuan, Pemantauan Diri, Membuat Rencana Perubahan tindakan Evaluasi. Perubahan perilaku peserta didik setelah melaksanakan konseling individu dengan teknik Self-Management yaitu adanya perubahan perilaku Peserta Didik menjadi lebih baik. Kata Kunci: Konseling Individu, Teknik Self-Management, Membolos iv ABSTRAK This research is motivated by the problem of students truancy at school, which is found in class XI students at SMA Negeri 16 Bandar Lampung. This is proven from the results of observations, interviews and documentation. Therefore, there is a need for implementation and changes felt by the counselee after carrying out individual counseling using Self-Management techniques. The purpose of this research is to determine the implementation and changes felt after using the Cell�Management Technique to overcome students' truant behavior at SMA Negeri 16 Bandar Lampung. The theory used in this research is the theory of individual counseling services with Self-Management techniques to reduce students' truant behavior. This research method uses qualitative research with a case study research design. The cases in this research consisted of 3 different cases. The research subjects and research objects were the guidance and counseling teachers at SMA Negeri 16 Bandar Lampung. The data collection procedures use observation, interviews and documentation. The results of the research can be concluded that individual counseling using self-management techniques consists of 5 steps, namely choosing goals, translating goals, self-monitoring, making action plans and evaluating changes. Changes in student behavior after carrying out individual counseling using Self-Management techniques are changes in student behavior for the better. Keywords: Individual Counseling, Self-Management Techniques, Truancy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 04:06
Last Modified: 14 May 2024 05:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33201

Actions (login required)

View Item View Item