ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI KELAS V SDN 2 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

Reni, Setiowati (2024) ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI KELAS V SDN 2 PERUMNAS WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RENI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karakter berarti tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak, atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan orang lain. Karakter menggambarkan tentang pola tingkah laku seseorang yang terbentuk dari sebuah sistem keyakinan dan juga kebiasaan. Perubahan karakter peserta didik sangat tergantung dari dua sisi, yaitu sisi internal dan juga sisi eksternal. Sisi internal adalah sisi dalam peserta didik, sedangkan eksternal adalah dari luar peserta didik. Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi karakter seseorang adalah lingkungan. Dalam hal ini, lingkungan berupa sekolah yang melaksanakan Sekolah Ramah Anak. Karakter-karakter mulia peserta didik akan terbentuk dengan baik, karena adanya nilai�nilai yang diemban oleh aturan-aturan yang ditetapkan dalam standar operasional Sekolah Ramah Anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas VA dan Peserta Didik Kelas VA. Objek penelitian ini meliputi nilai-nilai karakter peserta didik melalui pendidikan sekolah ramah anak di kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN 2 Perumnas Way Halim menunjukkan bahwa pembentukan nilai-nilai karakter peserta didik melalui pendidikan sekolah ramah di kelas V SDN 2 Perumnas Way Halim telah direncanakan dan dilaksanakan sesuai dengan panduan penyelenggaraan Sekolah Ramah anak, yaitu dengan didasarkan pada 6 point penting Sekolah Ramah Anak, yaitu kebijakan sekolah ramah anak, pembelajaran yang ramah anak, sarana prasarana, pelatihan Konvensi Hak Anak (KHA) bagi pendidik dan non pendidik, parsitipasi anak, dan yang terakhir adalah partisipasi orang tua beserta lembaga masyarakat, dunia usaha/dunia industri, stakeholder dan alumni. Meskipun dalam perjalanannya masih terus iv diupayakan untuk bisa berkelanjutan. Selain itu, pelaksanaan pembentukan karakter ini dilaksanakan baik didalam kelas maupun diluar kelas dengan perencanaan yang matang dan pembiasaan dalam setiap harinya di sekolah. Tahapan-tahapan yang dilakukan SDN 2 Perumnas Way Halim sesuai dengan tahapan Thomas Lickona yaitu mengetahui kebaikan (knowing the good), menciptakan kebaikan (desiring the good), dan melakukan kebaikan (doing the good). Kata Kunci : Karakter, Pendidikan Sekolah Ramah Anak v ABSTRACT According to the Big Indonesian Dictionary (KBBI), character means character, disposition, mental qualities, morals or manners that differentiate a person from other people. Character describes a person's behavior pattern which is formed from a system of beliefs and habits. Changes in students' character really depend on two sides, namely the internal side and the external side. The internal side is the inside side of the student, while the external side is from outside the student. One of the external factors that influences a person's character is the environment. In this case, the environment is a school that implements a Child-Friendly School. The noble characters of students will be well formed, because of the values enshrined by the rules stipulated in the operational standards of Child Friendly Schools. This research uses a qualitative descriptive research type. The subjects in this research were the Principal, VA Class Teacher and VA Class Students. The object of this research includes the character values of students through child-friendly school education in class V at SDN 2 Perumnas Way Halim. The data collection methods used are observation, interviews and documentation. Data analysis techniques use data reduction techniques, data presentation and drawing conclusions. Data validation uses technical triangulation, source triangulation and time triangulation. From the results of research carried out at SDN 2 Perumnas Way Halim, it shows that the formation of students' character values through friendly school education in class V of SDN 2 Perumnas Way Halim has been planned and implemented in accordance with the guidelines for implementing child-friendly schools, namely based on 6 points. The importance of Child-Friendly Schools, namely child�friendly school policies, child-friendly learning, infrastructure, training on the Convention on the Rights of the Child (CRC) for educators and non-educators, child participation, and finally the participation of parents and community institutions, the business world/world industry, stakeholders and alumni. Although on its vi journey, efforts are still being made to be sustainable. Apart from that, the implementation of character building is carried out both in the classroom and outside the classroom with careful planning and habituation every day at school. The stages carried out by SDN 2 Perumnas Way Halim are in accordance with Thomas Lickona's stages, namely knowing the good, desiring the good and doing the good. Keywords: Character, Child Friendly School Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 14 May 2024 03:48
Last Modified: 14 May 2024 05:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33199

Actions (login required)

View Item View Item