IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

Altia, Anggraini (2024) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ALTIA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bimbingan Konseling Kolaboratif adalah suatu proses interaksi yang kompleks dan beragam, yang melibatkan beberapa orang untuk bekerja sama dengan menggabungkan pemikiran secara berkesinambungan dalam menyikapi suatu hal dimana setiap pihak yang terlibat saling ketergantungan di dalamnya. Dalam hal ini Bimbingan Konseling Kolaboratif berupaya dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung yang melibatkan guru Bimbingan dan Konseling, guru mata pelajaran serta orang tua dalam manajemen peserta didik agar merasa nyaman, dan mengetahui siswa-siswa yang memeiliki perhatian khusus seperti remedial. Oleh sebab itu guru Bimbingan dan Konseling, guru mata pelajaran serta orang tua senantiasa berbagi data dalam menangani permasalahan siswa. Kolaborasi yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling dengan guru mata pelajaran adalah untuk mengetahui karakter individual siswa secara lebih mendalam. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana keadaan kehidupan siswa karena setiap siswa berasal dari budaya, lingkungan, ekonomi yang berbeda. Tujuan penelitian ini yaitu : “Menganalisis implementasi bimbingan konseling kolaboratif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam ranah afektif melalui layanan bimbingan belajar”. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan yaitu menggunakan penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus (case study). Hasil belajar peserta didik di kelas X.1 SMK Negeri 7 Bandar Lampung sebelum dilaksanakan layanan bimbingan konseling belajar masih belum tergolong baik, tetapi tidak termasuk di bawah standart. Hasil belajar peserta didik kelas X.1 keperawatan Bandar Lampung sesudah dilaksanakan layanan bimbingan konseling belajar mengalami peningkatan yang cukup baik. Berdasarkan dari hasil dari bimbingan konseling kolaboratif yang sudah dilakukan : sebelum dilakukannya bimbingan konseling kolaboratif, gambaran hasil belajar dalam ranah afektif pada peserta didik di SMK Negeri 7 Bandar Lampung tergolong belum cukup baik, hal tersebut dikonfirmasi oleh guru bimbingan dan konseling serta guru mata pelajaran matematika pada saat wawancara. Dimana iii nilai hasil belajar peserta didik X.1 keperawatan masih terdapat beberapa peserta didik yang nilai semester nya belum mencapai KKM. Lalu setelah dilakukannya tindakan bimbingan konseling kolaboratif pentingnya Bimbingan Konseling Kolaboratif dari pendapat teori dan hasil penelitian relevan maka Bimbingan Konseling Kolaboratif ini dinilai efektif dan hasil belajar peserta didik yang sebelumnya masih belum mencapai KKM mengalami peningkatan lebih baik yang dimana dalam bimbingan konseling kolaboratif dalam meningkatkan hasil belajar ranah afektif pada peserta didik, dengan cara konselor, berkolaborasi dengan guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran serta orang tua peserta didik, yang dimana peserta didik mengalami perubahan atau peningkatan sesuai harapan dalam proses belajarnya. Kata kunci : Implementasi Bimbingan Konseling Kolaboratif, Hasil Belajar iv ABSTRACT Collaborative Guidance Counseling is a complex and diverse interaction process, which involves several people working together by combining thoughts continuously in responding to a matter in which each party involved is interdependent. In this case Collaborative Guidance and Counseling seeks to improve student learning outcomes at SMK Negeri 7 Bandar Lampung which involves Guidance and Counseling teachers, subject teachers and parents in managing students so that they feel comfortable, and know students who have special concerns such as remedial. Therefore, Guidance and Counseling teachers, subject teachers and parents always share data in dealing with student problems. The collaboration carried out by Guidance and Counseling teachers with subject teachers is to understand students' individual characters in more depth. Therefore, it is necessary to know the living conditions of students because each student comes from a different culture, environment and economy. The aim of this research is: "Analyzing the implementation of collaborative counseling in improving student learning outcomes in the affective domain through tutoring services." The type of research used in this research uses research with a qualitative approach with the research design used in this research, namely a case study. The learning outcomes of students in class The learning outcomes of Bandar Lampung class X.1 nursing students after the learning counseling guidance service was implemented experienced quite a good improvement. Based on the results of the collaborative counseling guidance that has been carried out: before the collaborative counseling guidance was carried out, the picture of learning outcomes in the affective domain of students at SMK Negeri 7 Bandar Lampung was classified as not good enough, this was confirmed by the guidance and counseling teacher and mathematics subject teacher during the interview. Where the learning outcomes scores of X.1 nursing students still have some students whose semester scores have not reached the KKM. Then, after collaborative counseling guidance was carried out, the importance of Collaborative Counseling Guidance from theoretical opinions and relevant research results, Collaborative Counseling Guidance was considered effective and the learning outcomes of students who previously had not yet reached the KKM v experienced a better improvement, which in collaborative counseling guidance improved learning outcomes. affective domain of students, by means of counselors, collaborating with guidance and counseling teachers, subject teachers and parents of students, where students experience changes or improvements according to expectations in their learning process. Keywords: Implementation of Collaborative Counseling Guidance, Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 07:33
Last Modified: 13 May 2024 08:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33188

Actions (login required)

View Item View Item