PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA RUMAH MAKAN PUTI MINANG RAJA BASA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

Raswendo, R (2018) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP MINAT PEMBELIAN ULANG PADA RUMAH MAKAN PUTI MINANG RAJA BASA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_RASWENDO.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Rumah makan sebagai sebuah usaha pelayanan harus memperhatikan hal-hal yang dianggap penting oleh para pelanggan agar pelanggan merasa puas dan tidak beralih kepada rumah makan pesaing. Rumusan masalah pada skripsi ini yaitu (1). Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat pembelian ulang di rumah makan Puti Minang Rajabasa Bandar Larnpung ? (2). Bagaimana pelayanan di rumah makan Puti Minang Rajabasa Bandar Larnpung dalam perspektif ekonomi Islam? Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 1235 orang sementara sampel dihitung dengan menggunakan metode non probabiliti sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 93 responden. Metode analisis yang digunakandalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, data diolah dengan bantuan software SPSS 18. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui melalui Uji F menunjukan F hitung > F tabel yaitu dengan nilai (12,559 > 2,48) sehingga dapat disimpulkan variabel dimensi kualitas pelayanan (service quality) yaitu keandalan (reability), jaminan (assurance), bukti nyata (tangible), empati (emphaty), dan ketanggapan (responsivenees) berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian ulang. Pengaruh yang paling besar dari dimensi keandalan (X1), diikuti jaminan (X2), ketanggapan (X5), empati (X4), bukti nyata (X3) terhadap kepuasan pelanggan. R square= 0,419 menunjukan bahwa 41,9 % variable kepuasan pelanggan dapat dijelaskan oleh variabel dari dimensi keandalan (Xl), diikuti jaminan (X2), ketanggapan (X5), empati (X4), bukti nyata (X3) sedangkan 58,1 % lainnya dijelaskan variabel lain yang tidak penulis teliti. Pada dasarnya pelayanan pada rumah makan Puti Minang Rajabasa Bandar Lampung telah sesuai dengan pandangan ekonomi Islam yaitu pelayanan harus mengutamakan kejujuran, menjalankan amanah, tidak menipu pelanggan, tidak ada kecurangan didalamnya, menepati janji, berlaku jujur dan amanah, melayani dengan rendah hati artinya pelayanan yang dilakukan oleh rumah makan Puti Minang Rajabasa Bandar Lampung berupa pelayanan yang ramah, rendah hati dan mengutamakan etika serta sopan santun, dan prinsip yang paling utama tidak melupakan akhirat, artinya pelayanan yang ada pada rumah makan Puti Minang menganjurkan dan mengajak pelanggan untuk bersedekah karena di dalam harta yang dimiliki seorang konsumen terdapat hak orang lain, berdasarkan data kuisioner yang diperoleh sebanyak rata-rata 80% pelanggan menyatakan pelayanan di rumah makan Puti Minang Rajabasa Bandar Lampung telah sesuai dengan 6 prinsip yang dianjurkan ekonomi Islam sedangkan 20% lainya menyatakan belum sesuai dengan 6 prinsip yang dianjurkan ekonomi islam Kata Kunci: Rumah Makan, Kualitas Pelayanan, Minat Pembelian Ulang, Ekonomi Islam

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2018 02:30
Last Modified: 09 Mar 2018 02:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3318

Actions (login required)

View Item View Item