PERAN GURU PENGGERAK UNTUK MENGATAS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 1 WAY DADI KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG

ERIK, RADIANTO (2024) PERAN GURU PENGGERAK UNTUK MENGATAS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SDN 1 WAY DADI KECAMATAN SUKARAME KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi erdito eaa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Peran Guru Penggerak Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SDN 1 Way Dadi Sukarame Kota Bandar Lampung". Latar belakang penelitian ini adalah Peran Guru Penggerak Di SDN 1 Way Dadi dalam mengatasi kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan suatu gejala yang nampak pada peserta didik yang ditandai dengan adanya hasil belajar yang rendah atau di bawah norma yang telah ditetapkan. Masalah ini membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Peran Guru Penggerak dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di SDN 1 Way Dadi Sukarame. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari penelitian ini dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bagaimana peran guru penggerak dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada pembelajaran dan faktor yang mempengaruhinya. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang mempengaruhinya yaitu kurangnya perhatian dalam belajar (konsetrasi), kurangnya partisipasi dan respons siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar (reaksi), lambatnya siswa dalam memahami materi (pemahaman), dan nilai ulangan yang tidak tuntas (ulangan). Dan faktor eksternal yakni pengaruh lingkungan sosial. Kesimpulan penelitian ini yaitu, dalam mengatasi kesulitan belajar guru penggerak berusaha secara maksimal mulai dari proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru penggerak, yaitu mendidik dengan baik, melaksanakan pembelajaran dengan benar, membimbing secara tertib, melatih dengan gigih, mengembangkan inovasi dan bervariasi, memberi contoh dan teladan, meneliti, mengembangkan kreatifitas secara tuntas dan melakukan evaluasi. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Peran Guru Penggerak. iv ABSTRACT This research is entitled "The Role of Teacher Facilitators in Overcoming Students' Learning Difficulties at SDN 1 Way Dadi Sukarame, Bandar Lampung City". The background of this research is the Role of Teacher Facilitators at SDN 1 Way Dadi in overcoming learning difficulties. Learning difficulties are symptoms observed in students characterized by low academic performance or below the established norms. This issue has sparked the researcher's interest to conduct further investigation. The objective of this research is to determine the role of Teacher Facilitators in Overcoming Students' Learning Difficulties at SDN 1 Way Dadi Sukarame. This research adopts a qualitative descriptive approach. Data for this research were collected through observation, interviews, and documentation. The findings of this research reveal the role of teacher facilitators in addressing students' learning difficulties during the teaching and learning process, as well as the influencing factors. Factors contributing to students' learning difficulties include both internal and external factors. Internal factors include lack of attention (concentration) during learning, insufficient participation and response from students during learning activities (reaction), slow comprehension of materials (understanding), and incomplete examination scores (examination). External factors include the influence of the social environment. The conclusion of this research is that in addressing learning difficulties, teacher facilitators endeavor maximally starting from the teaching process, which includes educating effectively, implementing proper teaching methods, guiding systematically, training diligently, fostering innovation and variety, setting examples and role models, conducting research, thoroughly developing creativity, and performing evaluations. Keywords: Learning Difficulties, Role of Teacher Facilitators.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 04:18
Last Modified: 13 May 2024 08:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33179

Actions (login required)

View Item View Item