AKTIFITAS PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DI SMK AS-SUNIYAH TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT

IKA, ERLINA SARI (2024) AKTIFITAS PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS DI SMK AS-SUNIYAH TUMIJAJAR TULANG BAWANG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI IKA BAB 1 &5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI IKA FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Aktivitas dalam sebuah pendidikan tentunya sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan karakter sehingga guru merupakan sosok yang wajib di tiru dan dicontoh oleh peserta didiknya. Undang-Undang pendidikan dan peraturan pemerintah Republik Indonesia menyatakan: ―Guru adalah pendidik yang profesional yang tugas primernya yaitu mendidik, mengajar, mengarahkan, membimbing, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didiknya melalui pendidikan formal dan pendidikan menengah‖. Skripsi ini membahas tentang ― Aktivitas Pembinaan Karakter Religius Di Smk As-Suniyah Tumijajar Tulang Bawang Barat‖. Karakter religius merupakan karakter yang dimiliki seseorang yang mencerminkan keislaman. Seseorang yang memiliki karakter religius pasti akan memiliki dalam menaati agama, berperilaku, dan membawa kebaikan terhadap orang lain dan tidak akan melanggar aturan yang dilarang oleh aturan agamanya. Karakter religius dapat dispesifikkan ke dalam bentuk relasi yaitu hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan manusia. implementasi pendidikan karakter religius dan nilai-nilai religius yang diintegrasikan dalam pembelajaran pendidikan agama yang lebih merujuk pada doktrin agama dalam konteks hubungan manusia dengan Tuhan. Penelitian ini memfokuskan pada aktivitas pembinaan karakter religius di SMK As�suniyah. Tujuanya adalah untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius di SMK As-suniyah Tumijajar Tulang Bawang Barat. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan segala sesuatu yang menjadi objek. Kejadian ataupun gejala tertentu. Objek penelitiannya adalah peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter religius di SMK As-suniyah Tumijajar Tulang Bawang Barat. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa aktivitas pembinaan karakter religius tanggung jawab terhadap tuhan guru menjadi pembimbing, pendidik, motivator, dan teladan. seperti adanya pembiasaan shalat dhuha dan dzuhur secara berjamaah, membaca Al�Qor’an dan asmaul husna, membaca yasin pada hari jumat, dan membaca doa sebelum pulang dan sebelum belajar. Lalu peran guru PAI dalam membina karakter religius hubungan manusia dengan manusia guru sebagai teladan, motivator, dan teladan seperti pembiasaan adanya kegiatan bakti amal, bimbingan berakhlakul karimah, toleransi, dan disiplin. Kata kunci: Aktivitas, karakter religius iii ABSTRACT The role of teachers is certainly very influential in the world of education because teachers are figures that must be imitated and emulated by their students. The Education Law and government regulations of the Republic of Indonesia state: "Teachers are professional educators whose primary task is to educate, teach, direct, guide, train, assess, and evaluate their students through formal education and secondary education". This thesis discusses "The Role of Pai Teachers in Fostering Religious Character at Smk As-Suniyah Tumijajar Tulang Bawang Barat". Religious character is a character possessed by a person that reflects Islam. A person who has a religious character will definitely have in obeying religion, behaving, and bringing kindness to others and will not violate the rules prohibited by the rules of his religion. Religious character can be specified in the form of relationships, namely man's relationship with God, man's relationship with man. implementation of religious character education and religious values integrated in religious education learning which refers more to religious doctrine in the context of human relations with God. This research focuses on the role of Islamic religious education teachers in fostering religious character at SMK As-Suniyah. The goal is to find out the role of Islamic religious education teachers in fostering religious character at SMK As-suniyah Tumijajar Tulang Bawang Barat. This research is qualitative descriptive research, which is research that aims to describe everything that is an object. Certain events or symptoms. The object of his research is the role of Islamic religious education teachers in fostering religious character at SMK As-suniyah Tumijajar Tulang Bawang Barat. The results of the study show that the role of teachers in fostering religious character human relationships with God teachers become guides, educators, motivators, and role models. such as the habit of praying dhuha and dhuhr in congregation, reading Al-Qor'an and asmaul husna, reading yasin on Fridays, and reading prayers before going home and before studying. Then the role of PAI teachers in fostering religious character, human relations with humans, teachers as examples, motivators, and examples such as habituation to charitable service activities, moral guidance, tolerance, and discipline. Keywords: Activity, religious character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 03:28
Last Modified: 13 May 2024 05:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33177

Actions (login required)

View Item View Item