UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MIND MAPPING DI TK PERSADA KECAMATAN SRAGI DESA KEDAUNG LAMPUNG SELATAN

NUR, AISYAH APRILLIA NINGSIH (2024) UPAYA MENINGKATKAN KECERDASAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI METODE MIND MAPPING DI TK PERSADA KECAMATAN SRAGI DESA KEDAUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Metode mind mapping merupakan metode pembelajaran yang mengupayakan seorang peserta didik mampu menggali ide-ide kreatif dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan kecerdasan kognitif pada anak usia 5-6 tahun melalui metode mind mapping di taman kanak-kanak Persada Kecamatan Sragi Desa Kedaung Lampung Selatan. Penelitian dengan pendekatan penelitian kualitatif, dilaksanakan di taman kanak-kanak Persada Kecamatan Sragi Desa Kedaung Lampung Selatan. Subjek penelitian adalah kepala sekolah di taman kanak-kanak Persada, guru kelas dan anak di kelas B di taman kanak�kanak Persada sebanyak 25 anak, sedangkan objek penelitian ini yaitu upaya meningkatkan kecerdasan kognitif anak usia dini melalui metode mind mapping. Sumber data penelitian diperoleh dari teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan verification. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber dan waktu. Temuan data penelitian adalah bahwa kecerdasan kognitif pada anak usia 5-6 tahun dapat meningkatkan melalui metode mind mapping di TK Persada Kecamatan Sragi Desa Kedaung Lampung Selatan dapat dilihat dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti bahwa kecerdasan kogitif anak meningkat dengan dikategorikan Mulai Berkembang. Upaya guru dalam pelaksanaan mind mapping juga terlihat pada pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dikelas. Berdasarkan hasil penelitian meningkatkan kecerdasan kognitif pada anak usia 5-6 tahun di taman kanak-kanak Persada Kecamatan Sragi Desa Kedaung Lampung Selatan bahwa keberhasilan guru sudah baik sesuai dengan langkah-langkah metode mind mapping. Dengan adanya metode mind mapping dapat mengembangkan kecerdasan kognitif anak usia 5-6 tahun di TK Persada Kecamatan Sragi Desa Kedaung Lampung Selatan. Hal ini terlihat dari peneliti dengan memperhatikan indikator pencapain perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun, yaitu upaya perencanaan pembelajaran, upaya dalam pelaksaan pembelajaran, dan upaya dalam evaluasi. Kata kunci: Kecerdasan Kognitif, Metode Mind Mapping, Anak Usia Dini iv ABSTRACT Method mind mapping is a learning method that enables students to be able to explore creative and effective ideas. This research aims to determine efforts to increase cognitive intelligence in children aged 5-6 years through methodsmind mapping at Persada Kindergarten, Sragi District, Kedaung Village, South Lampung. Research using a qualitative research approach was carried out at the Persada Kindergarten, Sragi District, Kedaung Village, South Lampung. The research subjects were the principal at Persada Kindergarten, class teachers and 25 children in class B at Persada Kindergarten, while the object of this research was efforts to improve the cognitive intelligence of early childhood through methodsmind mapping. Sources of research data were obtained from interview techniques, observation, documentation. Data analysis was carried out by means of data reduction, data presentation, andverification. Meanwhile, data validity techniques use triangulation of techniques, sources and time. The findings of the research data are that cognitive intelligence in children aged 5-6 years can be improved through methodsmind mapping In Persada Kindergarten, Sragi District, Kedaung Village, South Lampung, it can be seen from the results of research conducted by researchers that children's cognitive intelligence has increased and is categorized as Starting to Develop. Teacher efforts in implementationmind mapping It can also be seen in the learning carried out by teachers in class. Based on the results of research on improving cognitive intelligence in children aged 5-6 years in Persada Kindergarten, Sragi District, Kedaung Village, South Lampung, the teacher's success is good according to the steps of the mind mapping method. With the mind mapping method, it can develop the cognitive intelligence of children aged 5-6 years at Persada Kindergarten, Sragi District, Kedaung Village, South Lampung. This can be seen from researchers by paying attention to indicators of cognitive development achievements of children aged 5-6 years, namely efforts to plan learning, efforts to implement learning, and efforts to evaluate Keywords: Cognitive Intelligence, Method Mind Mapping, Early childhood

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 13 May 2024 03:20
Last Modified: 13 May 2024 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33176

Actions (login required)

View Item View Item