UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG

Shyntia, Wina Gusmaida (2024) UPAYA KEPALA MADRASAH SEBAGAI SUPERVISOR DALAM MENINGKATKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MIN 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHYNTIA WINA GUSMAIDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kepala madrasah memiliki tanggung jawab yang sangat besar terhadap peningkatan kinerja guru, terutama terkait peningkatan kualitas proses pembelajaran. Kepala madrasah harus memfokuskan perhatian kepada tugas sebagai supervisor,guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar, guru juga merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan setiap upaya pendidikan. Adanya kegiatan supervisi akademik dimaksudkan untuk mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran sehingga jika terdapat kekurangan atau kesalahan maka supervisor wajib untuk memberikan bantuan berupa saran perbaikan dan solusi. Mengingat pentingnya peran guru dalam proses pendidikan, maka pemerintah secara tegas merumuskan empat kompetensi yang harus dimiliki guru, satu diantaranya kompetensi pedagogik Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasika berbagai potensi yang dimilikinya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Tempat penelitian di MIN 5 Bandar Lampung dengan subjek penelitian atau narasumber, Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan Guru. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, guna memastikan bahwa informasi yang didapat adalah data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian, upaya kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MIN 5 Bandar Lampung sudah terlaksana dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari 4 hal yang dilakukan kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru. Pertama kunjungan kelas dan observasi, di MIN 5 Bandar Lampung kepala madrasah sebagai supervisor sebelum menjalankan teknik kunjungan dan observasi kelas harus mempersiapkan instrumen yang sudah disepakati sebelumnya dengan demikian kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar, dengan adanya kunjungan kelas dan observasi yang dilakukan oleh kepala madrasah sebagai supervisor dapat membantu guru dalam menyelesaikan persoalan-persoalan. Kedua pemahaman peserta didik, di MIN 5 Bandar Lampung yaitu iii dengan mengarahkan serta mengoptimalkan peran guru dalam proses pembelajaran hal ini sangat penting dilakukan karena jika guru dalam menjalankan proses belajar mengajarnya secara optimal itu dapat memudahkan guru dalam memahami peserta didiknya. Ketiga mengadakan rapat guru sebagai media pembinaan guru, di MIN 5 Bandar Lampung rapat diadakan pada tiap bulan. Pada saat rapat dilaksanakan pengawas madrasah dan kepala madrasah menyampaikan hal-hal yang menyangkut supervisi yang sudah dilakukan secara umum, keberhasilan, perbaikan yang perlu dilakukan, dan pelaksanaan supervisi selanjutnya, guru diberikan kesempatan mengajukan pertanyaan, memberikan tanggapan atau gagasan yang menyangkut dengan pendidikan dan pembelajaran. Hasil rapat mengembangkan prinsip-prinsip umum pendidikan dan menjamin pelaksanaan yang sungguh-sungguh dan memecahkan persoalan yang berhubungan dengan pendidikan. Keempat organisasi profesi keguruan untuk meningkatkan mutu guru, tenaga pendidik di MIN 5 Bandar Lampung bergabung dalam kelompok kerja guru (KKG) yang diketuai langsung oleh Ibu Hikmah, S.Pd.I selaku waka kurikulum di MIN 5 Bandar Lampung. organisasi profesi keguruan ini menjadi tempat untuk berbagi dan diskusi tentang proses pembelajaran, memperluas pemahaman dan pengetahuan profesional guru berdasarkan rasa kekeluargaan, meningkatkan manajemen pengelolaan kelas melalui pembelajaran yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Selain itu juga KKG ini merupakan wadah yang banyak memiliki manfaat yaitu sebagai temoat menampung dan memecahkan masalah yang dihadapi guru dalam kegiatan belajar mengajar, diskusi seperti contoh mengajar, demonstrasi penggunaan, dan pembuatan alat praga guna mendukung proses pembelajaran. Kata Kunci : Supevisi, Kompetensi Pedagogik iv ABSTRAK The madrasah principal has a huge responsibility to improve teacher performance, especially related to improving the quality of the learning process. The madrasah principal must focus attention on his duties as a supervisor, teachers are an important factor that has a great influence on the learning process and results, teachers are also one of the determining factors for the success of every educational effort. The existence of academic supervision activities is intended to determine the performance of teachers in the learning process so that if there are deficiencies or mistakes, the supervisor is obliged to provide assistance in the form of suggestions for improvement and solutions. Given the important role of teachers in the education process, the government explicitly formulates four competencies that teachers must have, one of which is pedagogic competence Pedagogic competence is the competence of teachers in managing student learning which includes understanding students, designing and implementing learning, evaluating learning outcomes, and developing students to actualize their various potentials. This type of research is qualitative research with descriptive methods. The research place is MIN 5 Bandar Lampung with research subjects or sources, Head of Madrasah, Waka Curriculum and Teachers. With data collection techniques using interviews, observation and documentation methods. In data analysis, researchers used data reduction, data presentation and conclusion drawing. In the data validity test, researchers used source triangulation, to ensure that the information obtained was valid data. Based on the results of the study, the efforts of the madrasah head as a supervisor in improving the pedagogical competence of teachers at MIN 5 Bandar Lampung have been well implemented. This can be seen from 4 things done by the madrasah head as a supervisor in improving the pedagogical competence of teachers. First, class visits and observations, at MIN 5 Bandar Lampung the madrasah head as a supervisor before carrying out the technique of visiting and observing the class must prepare an instrument that has been previously agreed upon so that the activities carried out can run smoothly, with class visits and observations carried out by the madrasah head as a supervisor can help teachers in solving problems. Second, understanding students, at MIN 5 Bandar Lampung, namely by directing and optimizing the role of the teacher in the learning process, this is very important to do because if the teacher carries out the teaching and learning process optimally, it can make it easier for v the teacher to understand the students. Third, holding teacher meetings as a medium for teacher development, at MIN 5 Bandar Lampung meetings are held every month. During the meeting, the madrasah supervisor and madrasah head convey matters relating to supervision that has been carried out in general, successes, improvements that need to be made, and the implementation of further supervision, teachers are given the opportunity to ask questions, provide responses or ideas related to education and learning. The results of the meeting develop the general principles of education and ensure its proper implementation and solve problems related to education. Fourth, professional teacher organizations to improve the quality of teachers, educators at MIN 5 Bandar Lampung join the teachers' working group (KKG) which is chaired directly by Mrs. Hikmah, S.Pd.I as the head of curriculum at MIN 5 Bandar Lampung. This professional teacher organization is a place to share and discuss the learning process, expand teachers' professional understanding and knowledge based on a sense of kinship, improve classroom management management through active, creative and fun learning. In addition, this KKG is also a forum that has many benefits, namely as a place to accommodate and solve problems faced by teachers in teaching and learning activities, discussions such as teaching examples, demonstrations of use, and making teaching aids to support the learning process. Keywords: Supervisor, Pedagogical Competence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2024 07:59
Last Modified: 08 May 2024 08:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33172

Actions (login required)

View Item View Item