STRATEGI KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK DI DESA TRI TUNGGALJAYA KECAMATAN PENAWARTAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

DINA, SEPTIANA (2024) STRATEGI KOMUNIKASI GURU BIMBINGAN BELAJAR DALAM MENINGKATKAN SEMANGAT BELAJAR ANAK DI DESA TRI TUNGGALJAYA KECAMATAN PENAWARTAMA KABUPATEN TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi DINA SEPTIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pentingnya judul ini diteliti karena dapat diharapkan berguna bagi guru bimbingan belajar, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan bahan pertimbangan ketika guru mengajar dapat menyesuaikan dengan keanekaragaman strategi komunikasi. Strategi Komunikasi adalah salah satu cara untuk mengatur pelaksanaan sebuah proses komunikasi, mulai dari perencanaan (planning), pelaksanaan (implementation) hingga evaluasi (evaluation) untuk mencapai suatu tujuan. Yang dimaksud judul Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Desa Tri Tunggal Jaya Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang adalah cara berkomunikasi antara guru bimbingan belajar (bimbel) dengan anak di desa ini dalam meningkatkan prestasi akademik. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana strategi komunikasi guru bimbingan belajar dalam meningkatkan semangat belajar anak dan apa faktor pendukung guru dalam strategi komunikasi untuk meningkatkan semangat belajar anak di Desa Tri Tunggal Jaya Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi guru dan faktor pendukung guru dalam memberi semangat pada anak. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian lapangan (Field Research) dan penelitian ini bersifat deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive Sampling. Data yang diambil berdasarkan data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan guru dan murid bimbingan belajar, sedangkan sumber data sekunder yang digunakan adalah jurnal, buku, hasil penelitian dan internet. Hasil penelitian ini adalah Strategi Komunikasi Guru Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Desa Tri Tunggal Jaya Kecamatan Penawartama, Kabupaten Tulang Bawang. Pull Strategy, dimana proses komunikasi menekankan pada keberhasilan meraih khalayak sebanyak mungkin tujuan adalah untuk meningkatkankan kesadaran dan mengarahkan perilaku untuk meraih hasil yang maksimal. Push Strategy, yaitu proses komunikasi tidak hanya mengandalkan pada pemberian informasi, tetapi juga mampu meningkatkan koordinasi dan partisipatif aktif antara murid dan guru. Profile Strategy yaitu proses komunikasi menekankan pada pengelolaan diri yang bertujuan untuk menjaga hubunga dengan guru dan murid. Faktor pendukung strategi komunikasi guru bimbingan belajar dalam meningkatkan semangat belajar anak terdapat dua faktor yang membuat anak dapat semangat belajar yaitu, Faktor Internal, semangat ini terbentuk karena kesadaran diri atas pemahaman betapa pentingnya belajar untuk mengembangkan dirinya dan bekal untuk menjalani kehidupan. Faktor Eksternal, yaitu faktor semangat belajar yang bisa didapat dari oranlg lain, atau lingkungan sekitarnya yang dapat memengaruhi psikologis orang yang bersangkutan. Kata Kunci: Straegi Komunikasi Guru, Meningkatkan Semangat Belajar Anak.ABSTRACT The importance of this title is researched because it can be expected to be useful for tutoring teachers. It is hoped that this research can be used as material for consideration when teaching teachers can adapt to a diversity of communication strategies. Communication Strategy is one way to organize the implementation of a communication proces, starting from planning, implementation to evaluation ti achieve a goal. What is meant by the title Communication Strategy for internal Tutoring Teachers Increasing Children’s Enthusiasm for Learning in Tri Tunggal Jaya Village, Penawartama District, Tulang Bawang Regency is a way of communicating between tutoring techer (bimbel) with children in village improve academic achievement. Formulation of the problem in this research namely how the communication strategy for tutoring teachers is carried out increase children’s enthusiasm for learning and what are the supporting factors for teachers communication strategy to increase children’s enthusiasm for learning in Tri Tunggal Jaya Villag, Penawartama District, Tulang Bawang Regency Destination This Research is to find out teacher’s communication strategis and factors supporting teachers in encouraging childern. This research method is qualitative research with a field research model (Field Research) and this research is descriptive. Data collection is through observation, interviews, and documentation. To determine the sample in this research using Purposive Sampling techniques. Data taken based on primary data in this research are the results of interviews with tutoring teachers and students, while the secondary data sources used are journals, books, research results and internet. The results of this research are the Communication Strategy of Tutoring Teachers in Increasing Childern’s Enthusiasm for Learning in Tri Tunggal Jaya Village, Penawartama District, Tulang Bawang Regency. Pull Strategy, where the communication process emphasizes success in reaching as many audiences as possible. The aim is to increase awareness and direct behavior to achieve desired results. Maximum Push Strategy, namely the communication process does not only rely on providing information, but is also able to increase coordination and strong participation between students and teachers. Profile Strategy, namely the communication prosess, emphasizes internal management which aims to maintain relationships with teacehers and students. Supporting factors for thr canommunication strategy of tutoring teachers in increasing children’s enthusiasm for learning. There are two factors that make children enthusiastic about learning, namely, internal factors. This enthusiasm is formed because of self-awareness of understanding how important it is to learn to develop both and the provisions for living life. External factors, namely the enthusiasm for learning that can be obtained form other people, or the surrounding environment which can affect the psychology of the person concerned. Keywords: Teachers Communication Strategy, Increasing Children’s Enthusiasm for Learning.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2024 07:17
Last Modified: 08 May 2024 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33166

Actions (login required)

View Item View Item