PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Igo, Rifandri Sugianto (2024) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI EDUKATOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN DI MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI IGO RIFANDRI SUGIANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang peran kepala madrasah adalah kunci utama dalam menjalankan fungsi edukator untuk meningkatkan mutu pembelajaran, yang menjadi salah satu kunci tujuan dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada peran kepala madrasah dalam membimbing guru, peran kepala madrasah dalam membimbing staf, peran kepala madrasah dalam membimbing siswa, dan peran kepala madrasah dalam mengikuti perkembangan IPTEK. Semua kemampuan tersebut betujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang ada di sekolah MAN 2 Bandar Lampung. Semua komponen ini berperan dalam menggambarkan peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah ini. Tujuan utama untuk mendeskripsikan tentang peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan mutu pembelajaran di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandar Lampung. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dengan meneliti langsung dilapangan. Tempat penelitian di MAN 2 Bandar Lampung dengan subjek penelitian atau narasumber kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru, staf, dan siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam analisis data peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pada keabsahan data peneliti menggunakan traingulasi sumber, guna memastikan bahwa informasi yang didapat adalah data yang valid. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala madrasah sebagai edukator dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MAN 2 Bandar Lampung dilakukan melalui beberapa tahapan: 1) membimbing guru, dilakukan melalui meningkatkan kompetensi guru, baik dari segi profesionalisme maupun kepribadian, dengan cara mengadakan pelatihan dan workshop secara berkala. 2) membimbing staf, dilakukan dengan cara: a. Komunikasi terbuka dan saling menghormati, b. Memberikan motivasi dan apresiasi, c. Mengembangkan kompetensi staf. 3) membimbing siswa, dilakukan dengan cara: a. Menciptakan iklim sekolah yang disiplin dan tertib, b. Membangun komunikasi yang baik antara kepala madrasah, guru, siswa dan orang tau siswa, c. Menyediakan sarana dan prasarana yang memadai, d. Melakukan pembimbingan secara individual dan kelompok, e. Mengoptimalkan peran guru BK. 4) dalam mengikuti perkembangan IPTEK, untuk mempersiapkan siswa/ siswi menujuk ke era yang lebih berkembang dan bekerjasama dengan instansi terkait dengan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kata Kunci : Peran Kepala madrasah, Edukator, Mutu Pembelajaran iii ABSTRACT This research discusses the role of the madrasah principal as the main key in carrying out the function of an educator to improve the quality of learning, which is one of the key objectives in improving the quality of learning. This research focuses on the madrasa head's role to guide teachers, the madrasa head's role to guide staff, the madrasa principal's role to guide students, and the madrasa head's role to follow developments in science and technology. All of these capabilities aim to improve the quality of learning at the MAN 2 Bandar Lampung school. All of these components play a role in describing the role of the madrasa head as an educator in improving the quality of learning in this school. The main objective is to describe the role of the madrasa head as an educator in improving the quality of learning at Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Bandar Lampung. This research uses qualitative research with descriptive methods by conducting direct research in the field. The research location is at MAN 2 Bandar Lampung with research subjects or resource persons from madrasah principal, head of curriculum, head of student affairs, teachers, staff and students. With data collection techniques using interview, observation and documentation methods. In data analysis, researchers use data reduction, data presentation and drawing conclusions. In data validity, researchers use source triangulation, to ensure that the information obtained is valid data. Based on the research results, it shows that the role of the madrasa principal as an educator in improving the quality of learning at MAN 2 Bandar Lampung is carried out through several stages: 1) guiding teachers, carried out by increasing teacher competence, both in terms of professionalism and personality, by holding regular training and workshops . 2) guiding staff, carried out by: a. Open communication and mutual respect, b. Providing motivation and appreciation, c. Develop staff competency. 3) guiding students, carried out by: a. Creating a disciplined and orderly school climate, b. Building good communication between madrasa heads, teachers, students and people who know the students, c. Providing adequate facilities and infrastructure, d. Provide individual and group guidance, e. Optimizing the role of guidance and counseling teachers. 4) in following developments in science and technology, to prepare students for a more developed era and collaborate with agencies related to science and technology. Keywords: Role of Madrasah Principal, Educator, Quality of Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2024 06:43
Last Modified: 08 May 2024 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33160

Actions (login required)

View Item View Item