TINJAUAN FIQIH SIYA>SAH TANFIZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT PASAL 11 NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi pada Masyarakat Pantai Walur dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Barat)

NIA, WAHYUNI (2024) TINJAUAN FIQIH SIYA>SAH TANFIZIYYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT PASAL 11 NOMOR 11 TAHUN 2021 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH (Studi pada Masyarakat Pantai Walur dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NIA WAHYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dinas lingkungan hidup belum melakukan tindakan pengawasan terkait pengelolaan sampah secara merata di wilayah Pantai Walur yang terdapat di Pekon Walur Kabupaten Pesisir Barat. Petugas hanya berfokus pada Pantai Labuhan Jukung Pesisir Barat. Pantai Labuhan Jukung lebih dekat dengan kantor Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Barat, sedangkan Pantai Walur jaraknya lebih jauh. Jadi, pantai Labuhan Jukung menjadi lebih bersih dibandingkan Pantai Walur yang cenderung lebih kotor. Pantau Labuhan Jukung lebih banyak diminati para pengunjung dibandingkan dengan Pantai Walur, serta petugas di Pantai Labuhan Jukung sudah mulai bekerja untuk membersihkan di Pantai tersebut dibandingkan dengan Pantai Walur. Berdasarkan alasan dan bukti tersebut, maka permasalahan ini perlu diteliti secara seksama. Permasalahan dalam penelitian ini ialah bagaimana peran masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup dalam Pengelolaan Sampah berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Pasal 11 Nomor 11 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pesisir Barat? bagaimana tinjauan fiqih Fiqih siya>sah tanfiziyyah terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Pesisir Barat? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran masyarakat dan Dinas Lingkungan Hidup dalam Pengelolaan Sampah berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Pesisir Barat Pasal 11 Nomor 11 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah di Kabupaten Pesisir Barat serta mengetahui dan menganalisa tinjauan fiqih siya>sah tanfiziyyah terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Pesisir Barat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, jenis penelitian lapangan, pengumpulan data melalui editing, klasifikasi, ferifikasi, dan sistematisasi data, serta pengolahan data melalui teori fiqih siyasah tanfiziyyah. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat diambil kesimpulan bahwa, Dinas Lingkungan Hidup telah menerapkan Perda Kab. Pesisir Barat No. 11 Tahun 2021 yaitu melalui TPS 3R, namun di Pantai Walur masih terlihat sampah yang berserakan yang apabila dapat segera diatasi, maka pantai tersebut akan menjadi lebih indah tanpa sampah sehingga akan menarik minat pengunjung menjadi lebih ramai lagi serta akan menjadi sumber perekonomian masyarakat sekitar pantai dan menambah destinasi wisata Kab. Pesisir Barat, serta Dinas Lingkungan Hidup sebagai al-sulthah al-tanfiziyyah yang diamanatkan sebagai pelaksana kebijakan harus mengemban amanat yang telah diberikan oleh pemerintah pusat sebagaimana QS. al-Nisa>’ (4): 59. Suatu kebijakan politik yang dikeluarkan oleh pemegang kekuasaan harus memenuhi kriteria-kriteria sesuai dan tidak bertentangan dengan syari‘at Islam, meletakkan persamaan (al�musyawarah) kedudukan manusia di depan hukum dan pemerintahan, tidak memberatkan masyarakat yang akan melaksanakannya, menciptakan rasa keadilan dalam masyarakat, serta kemaslahatan dan menolak kemudaratan. Kata Kunci: Fiqih Siya>sah Tanfiziyyah, Perda Kabupaten Pesisir Barat No. 11 Tahun 2021, Pengelolaan Sampah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 May 2024 02:47
Last Modified: 08 May 2024 02:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33154

Actions (login required)

View Item View Item