ANALISISSIYASAH TANFIZIYAHTERHADAP PENERAPAN PASAL 25 AYAT 4 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 57 TAHUN 2021 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (Studi di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 05 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma)

DODI, ARDIANTO JAR (2024) ANALISISSIYASAH TANFIZIYAHTERHADAP PENERAPAN PASAL 25 AYAT 4 PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 57 TAHUN 2021 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (Studi di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 05 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER - BAB II DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL DODI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SMA Negeri 5 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma, memiliki sarana dan prasarana untuk masyarakat di bidang pendidikan. Namun nyatanya masih terdapat masyarakat yang belum dapat menikmati sarana pendidikan tersebut. Oleh sebab itu penelitian akan meneliti permasalahan tersebut dengan judul “Analisis Siyasah Tanfidziyah Terhadap Penerapan Pasal 25 Ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan (Studi di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma).” Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan Pasal 25 Ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma? dan (2) Bagaimana analisis siyasah tanfiziyah terhadap penerapan Pasal 25 Ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma? Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan (field research). Informan dalam penelitian ini adalah 15 orang yakni 1 orang Kepala Sekolah, 2 orang tenaga pendidik di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma, 5 orang staff bagian pendidikan Dinas Pendidikan Kabupaten Seluma, dan 7 orang masyarakat sekitar Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan Penerapan Pasal 25 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma belum terealisasi dengan baik dalam hal bidang fasilitas sarana dan prasarana pendidikan, pemerintah tidak melihat dampak yang ditimbulkan akibat kurangnya fasilitas sarana dan prasarana pendidikan seperti gedung, buku-buku. Penerapan Pasal 25 iii Ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan di Unit Pelaksana Teknis SMA Negeri 5 Seluma Kelurahan Kembang Mumpo Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma belum sesuai dengan prinsip dasar siyasah tanfiziyah. Hal ini dikarenakan pemerintah seharusnya menyelenggarakan standar sarana dan prasarana dengan prinsip menunjang penyelenggaraan pembelajaran yang aktif, kreatif, kolaboratif, menyenangkan, dan efektif. Hak seorang masyarakat dalam mendapatkan keadilan termasuk penyediaan sarana dan prasarana pendidikan sebagaimana yang tercantum dalam QS. An�Nahl ayat 90. Kata kunci : Siyasah Tanfidziyah, Peraturan Pemerintah, Standar Nasional Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 07:55
Last Modified: 07 May 2024 07:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33150

Actions (login required)

View Item View Item