ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG

SYLVIA, MEILAN PUSPA RINI (2024) ANALISIS PERAN GURU KELAS DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS IV DI MIN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SYLVIA MEILAN fix-1(1) - for merge.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Perlu disadari bahwa pendidikan karakter sangat berpengaruh di dalam dunia pendidikan. Di dalam dunia pendidikan tidak hanya mementingkan pendidikan akademik saja, namun pendidikan karakter cukup penting dalam membentuk karakteristik peserta didik yang jauh lebih baik. Selama peserta didik mengemban ilmu di sekolah tentunya seorang gurulah yang menggantikan peran orang tua di sekolah. Guru yang mampu berperan dengan baik, akan menghasilkan peserta didik yang sesuai dengan tujuan dari pendidikan karakter itu sendiri. Minat, bakat, kemampuan, dan potensi-potensi yang dimiliki oleh peserta didik tidak akan berkembang secara optimal tanpa bantuan seorang guru. Berdasarkan hasil pra penelitian menunjukkan bahwa karakter peserta didik di kelas IV A sudah cukup baik dibandingkan dengan kelas IV yang lainnya, maka dari itu peneliti ingin mengetahui bagaimana peran guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter di kelas tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan guru kelas IV A yang ada di MIN 2 Bandar Lampung, data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai pelengkap pemeriksaan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan langkah�langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru kelas dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peserta didik kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peran guru dalam mengimplementasikan pendidikan karakter pada peserta didik. hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menjalankan perannya dalam mengimplementasikan pendidikan karakter peserta didik kelas IV di MIN 2 Bandar Lampung, berikut dengan penjelasannya : 1) Pendidik, memberikan contoh mulai dari hal kecil seperti berpakaian sesuai dengan aturan, berbicara yang santun, datang tepat waktu, dan mengaitkan nilai-nilai karakter disetiap materi pelajarannya, 2) Pembimbing, guru mampu memahami masing�masing karakter peserta didik, guru memberi arahan, motivasi, dan nasihat kepada peserta didik, 3) Pengajar, guru merancang perangkat pembelajaran seperti modul ajar yang didalamnya sudah termasuk pendidikan karakter, 4) Pengelola, guru mampu mengelola kelas dan mengelola pembelajaran, dengan menciptakan suasana kelas yang kondusif, nyaman, dan aman, serta melakukan evaluasi yang bertujuan iv untuk melihat perkembangan peserta didik baik dalam pendidikan akademik maupun pendidikan karakter. Karakter yang terbentuk dalam pengimplementasian pendidikan karakter di kelas yaitu religius, jujur, disiplin, toleransi, tanggung jawab, dan peduli lingkungan. Kata kunci : Peran Guru, Pendidikan Karakter v ABSTRACT It needs to be realized that character education is very influential in the world of education. In the world of education, academic education is not only important, but character education is quite important in forming much better student characteristics. As long as students acquire knowledge at school, of course a teacher replaces the role of parents at school. Teachers who are able to play their role well will produce students who are in line with the goals of character education itself. Students' interests, talents, abilities and potential will not develop optimally without the help of a teacher. Based on the pre-research results, it shows that the character of students in class IV A is quite good compared to other class IV, therefore the researcher wants to know the role of the class teacher in implementing character education in this class. This research was conducted using descriptive qualitative research methods involving class IV A teachers at MIN 2 Bandar Lampung, data collected through observation, interviews and documentation as a complement to data examination using triangulation of techniques, sources and time. Then the data was analyzed using the steps of data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. This research aims to describe the role of class teachers in implementing character education for class IV students at MIN 2 Bandar Lampung. The results of this research indicate that there is a role for teachers in implementing character education for students. The results of the research show that teachers have carried out their role in implementing character education for class IV students at MIN 2 Bandar Lampung, explanation: 1) Educators, giving examples starting from small things such as dressing according to the rules, speaking politely, arriving on time, and connecting character values in each subject matter, 2) Guides, teachers are able to understand each student's character, teachers provide direction, motivation and advice to students, 3) Teachers, teachers design learning tools such as teaching modules which include education character, 4) Manager, teacher is able to manage the class and manage learning, by creating a conducive, comfortable and safe classroom atmosphere, as well as carrying out evaluations which aim to see the development of students both in academic education and character education. The characters formed in implementing character education are religious, honest, disciplined, tolerant, responsible and caring for the environment. Keywords: Teacher's Role, Character Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 07:46
Last Modified: 07 May 2024 08:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33148

Actions (login required)

View Item View Item