PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS PESERTA DIDIK KELAS III DI SD INSAN MANDIRI WAY KANDIS KOTA BANDAR LAMPUNG

AYU, LESTARI (2024) PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS PESERTA DIDIK KELAS III DI SD INSAN MANDIRI WAY KANDIS KOTA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI AYU LESTARI 1-2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI AYU LESTARI full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: AYU LESTARI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBENTUKAN MORALITAS PESERTA DIDIK KELAS III DI SD INSAN MANDIRI WAY KANDIS KOTA BANDAR LAMPUNG Pendidikan karakter merupakan perilaku manusia untuk terus berbuat baik maka tidak memiliki pembatasnya, ia melingkupi dan mencakup semua kegiatan, usaha, dan upaya manusia, yaitu dengan nilai-nilai perbuatan. Adapun moralitas bentuk kesadaran diri untuk selalu membantu manusia dalam berbuat kebaikan. Oleh sebab itulah merupakan tingkah laku manusia dan tidak akan pernah berpisah dengan aktivitas manusia. di dalam kehidupan masyarakat, saling gotong royong yang mempunyai kedudukan yang sangat berpengaruh terhadap lingkungan sekolah atau pendidikan, keluarga dan lingkungan umum lainnya. Seperti di SD Insan Madiri Way Kandis Kota Bandar Lampung penerapan pendidikan karakter dalam pembentukan moralitas menjadi kegaiatan utama terutama di sekolah terkhusu di Kelas VII saat pembelajaran berlangsung. Penelitian Ini ditunjukkan untuk menjawab hasil dari pendidikan karakter dalam penbentukan moralitas siswa kelas III di SD Insan Madiri Way Kandis Kota Bandar Lampung Berlangsung. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan teknik analisis data deskritif kualitatif dan data kualitatif. Pengumpulan data angket dan wawancara. Data yang diambil dan dukumpulkan bersumber dari guru kelas dan siswa kelas III, analisis data dilakukan memalui tiga tahap iv pelaksanaan, yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yanag digunakan meliputi, perpanjangan waktu keterlibatan peneliti dalam proses penelitian, peningkatan ketekunan, triangulasi data dan asnlisi kasus negatif. Hasil Penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter dalam pembetukan moralitas siswa kelas III di SD Insan Madiri Bandar Lampung dalam pembelajaran memperoleh hasil cukup baik yang dimana pembinaan moralitas siswa tersebut mencakup aspek prilaku sebagian siswa sudah cukup baik. moralitas yang baik juga sudah cukup baik sehingga membentuk moral yang baik di kategori baik. Sedangkan faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter dalam pembentuka moralitas siswa yang meliputi faktor pendukun dan faktor penghambat ialah , faktor pedukung yakni, kepercayaan diri, lingkungan rumah dan pergaulan sehari-hari siswa dengan teman sebayanya. Kata Kunci : Pendidikan Agama Islam (PAI), Membina Akhlak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 07:40
Last Modified: 07 May 2024 08:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33147

Actions (login required)

View Item View Item