INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG

RISKI, SHAFA AURORA (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS XI DI SMK NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1-2 & dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Riski Shafa Aurora.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Keberagaman yang terdapat di Indonesia menjadikannya rentan terhadap konflik-konflik masyarakat, terutama dibidang keagamaan, seperti intoleran dan radikalisme. Berdasarkan hasil data riset yang dilakukan oleh Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah dan Wahid Institute, bahkan penyebaran radikalisme sudah merambat hingga ke lembaga Pendidikan. Oleh karena penting sekali untuk menanamkan nilai-nilai moderasi beragama melalui pendidikan sedini mungkin, supaya pemahaman radikalisme tidak berkembang di lingkungan sekolah. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses atau tahapan dalam penginternalisasian nilai-nilai Moderasi Beragama pada Mata Pelajaran PAI serta mengetahui bagaimana penginternalisasian nilai-nilai Moderasi Beragama melalui Metode Peneladanan dan Pembiasaan di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Tempat dilaksanakannya penelitian ini adalah di SMK Negeri 7 Bandar Lampung. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan Teknik Pengumpulan Data melalui Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi. Sumber Data Primer dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari Wawancara Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum, Guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik. Sedangkan, Sumber Data Sekunder dalam penelitian ini diperoleh dari Observasi, buku, dan dokumen- dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik Analisis Data dalam penelitian ini adalah dengan Reduksi Data, Penyajian Data, serta Menarik Kesimpulan dan Verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung menggunakan tiga tahapan, yaitu Transformasi Nilai, Transaksi Nilai dan Trans�Internalisasi Nilai. 2) Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung melalui Peneladanan dilakukan dengan pemberian contoh keteladanan perilaku guru kepada peserta didik berupa ucapan, sikap, dan perilaku yang mencerminkan nilai-nilai Moderasi Beragama iv serta melalui penyampaian kisah-kisah teladan dari tokoh-tokoh Islam terdahulu dengan tujuan dapat dijadikan contoh bagi peserta didiknya dalam membiasakan suatu nilai. 3) Internalisasi Nilai-nilai Moderasi Beragama pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas XI di SMK Negeri 7 Bandar Lampung Melalui Pembiasaan dilakukan dengan pembiasaan yang diberikan oleh guru kepada peserta didik berupa ucapan, sikap, maupun perilaku yang mencerminkan nilai Komitmen Kebangsaan, Toleransi, Anti Kekerasan, serta Penerimaan Terhadap Tradisi dilingkungan sekolah. Kata kunci : Internalisasi, Moderasi Beragama, Peneladanan, Pembiasaan v ABSTRACT The diversity that exists in Indonesia makes it vulnerable to societal conflicts, especially in the religious field, such as intolerance and radicalism. Based on the results of research data conducted by the Center for the Study of Islam and Society (PPIM) UIN Syarif Hidayatullah and the Wahid Institute, the spread of radicalism has even spread to educational institutions. Because it is very important to instill the values of religious moderation through education as early as possible, so that an understanding of radicalism does not develop in the school environment. Based on these problems, this research aims to describe the process or stages in internalizing the values of Religious Moderation in Islamic Education Subjects and finding out how to internalize the values of Religious Moderation through the Modeling and Habituation Method at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. This research is field research with a descriptive qualitative approach. The place where this research was carried out was at SMK Negeri 7 Bandar Lampung. The subjects in this research were Islamic Religious Education teachers. This research uses data collection techniques through interviews, observation and documentation. Primary Data Sources in this research are data obtained from interviews with the Deputy Principal for Curriculum, Islamic Religious Education Teachers, and students. Meanwhile, secondary data sources in this research were obtained from observations, books and documents related to the research. The data analysis technique in this research is data reduction, data presentation, and drawing conclusions and verification. The results of the research show that: 1) Implementation of the Internalization of Religious Moderation Values in the Class XI Islamic Religious Education Subject at SMK Negeri 7 Bandar Lampung uses three stages, namely Value Transformation, Value Transaction and Value Trans-Internalization. 2) Internalizing the Values of Religious Moderation in Islamic Religious Education Subjects in class conveying exemplary stories from previous Islamic figures with the aim of being able to serve as an example for students in getting used to certain values. 3) Internalizing the Values of Religious Moderation in Islamic vi Religious Education Subjects in class Violence, and Acceptance of Traditions in the school environment. Keywords: Internalization, Religious Moderation, Example, Habituation

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 07:26
Last Modified: 07 May 2024 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33146

Actions (login required)

View Item View Item