PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW BERBANTUAN KARTU KUARTET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 01 SIDOARJO KABUPATEN WAY KANAN, LAMPUNG

Ajeng, Desfitri Nadiya (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUICK ON THE DRAW BERBANTUAN KARTU KUARTET TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS V SDN 01 SIDOARJO KABUPATEN WAY KANAN, LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK AJENG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar merupakan salah satu pembelajaran yang membosankan dan terindikasi bahwa pola pembelajaran yang dikembangkan oleh pendidik cenderung text book oriented, hanya memindahkan pengetahuan secara utuh yang ada dikepala pendidik kepada murid. Banyaknya catatan membuat perserta didik kurang tertarik untuk berpartisipasi dengan aktif dalam pembelajaran IPS. Pola pembelajaran seperti ini membuat siswa merasa jenuh karena mereka tidak diajarkan berfikir secara logis dan kritis tetapi hanya mementingkan pemahaman dan hafalan saja. Hal inilah yang membuat pelajaran ini kurang diminati oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran Quick on The Draw berbantuan kartu kuartet dapat mempengaruhi minat belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SDN 01 Sidoarjo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Ekperimen Design (desain eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V A dan V B sebanyak 48 peserta didik. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Quick on The Draw dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Index Card Match. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling total/sensus. Instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket minat belajar IPS. Analisis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil penelitian adalah uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan uji paired sample t-test diperoleh nilai sig. 0,000 dengan taraf signifikan 0,05. Terlihat bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 maka diterima artinya bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model pembelajaran quick on the draw berbantuan kartu kuartet terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas V SDN 01 Sidoarjo Kabupaten Way Kanan, Lampung. Kata kunci : Model Pembelajaran, Quick on The Draw, Kartu Kuartet dan Minat Belajar. iii ABSTRACT Social studies learning in elementary schools is a boring type of learning and there are indications that the learning patterns developed by educators tend to be text book oriented, only transferring the complete knowledge that is in the heads of educators to students. The large number of notes makes students less interested in participating actively in social studies learning. This kind of learning pattern makes students feel bored because they are not taught to think logically and critically but only prioritize understanding and memorizing. This is what makes this lesson less popular with students. This research aims to determine whether the Quick on The Draw learning model assisted by quartet cards can influence class V students' interest in learning social studies at SDN 01 Sidoarjo. This research includes quantitative research. The research method used in this research is Quasi Experimental Design (quasi�experimental design). The population in this study was class V A and V B with a total of 48 students. The experimental class uses the Quick on The Draw learning model and the control class uses the Index Card Match learning model. The sampling technique used was total sampling/census. The instrument used to collect data was a social studies interest questionnaire. Data analysis used to analyze research data is the paired sample t-test. Based on the results of calculations using the paired sample t-test, the sig value was obtained. 0.000 with a significance level of 0.05. It can be seen that the sig value. 0.000 < 0.05 then it is accepted, meaning that there is a significant influence in the use of the quick on the draw learning model assisted by quartet cards on students' learning interest in social studies class V SDN 01 Sidoarjo, Way Kanan Regency, Lampung. Keywords: Learning Model, Quick on The Draw, Quartet Cards and Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 May 2024 03:18
Last Modified: 07 May 2024 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33127

Actions (login required)

View Item View Item