TINJAUAN SIYA<SAH TANFIZ|IYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 HURUF C PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 06 TAHUN 2016 TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (Studi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanggamus)

RIZKA, AMALINA RANITO (2024) TINJAUAN SIYA<SAH TANFIZ|IYAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 5 HURUF C PERATURAN DAERAH KABUPATEN TANGGAMUS NOMOR 06 TAHUN 2016 TENTANG PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (Studi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanggamus). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK RIZKA AMALIA RANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penanggulangan bencana adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang beresiko timbulnya bencana, meliputi pra bencana, tanggap darurat, pemulihan segera (early recovery) dan pasca bencana. Banjir yang terjadi karena meluapnya Sungai Sukaraja, yang tidak mampu menampung debit air yang masuk, menyebabkan sebagian wilayah Kecamatan Semaka terutama Pekon Sukaraja, Sedayu, Bangunrejo, dan Kacapura tergenang. Dampaknya berpotensi menimbulkan kerugian besar bagi masyarakat. Dalam rangka meminimalisir dampak, pemerintah melakukan berbagai upaya dengan mengoptimalkan penyelenggaraan penanggulangan bencana. Rumusan masalah dalam penelitian ini mengenai bagaimana Implementasi Pasal 5 huruf c Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 tahun 2016 tentang Penanggulangan Bencana Daerah di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanggamus dan bagaimana Tinjauan Siya>sah Tanfiz\iyah terhadap Implementasi Pasal 5 huruf c Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 tahun 2016 tentang Penanggulangan Bencana Daerah di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanggamus. Jenis penelitian ini adalah lapangan (Field Research), bersifat deskriptif dan sumber yang digunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara dengan BPBD Kabupaten Tanggamus, Palang Merah Indonesia Kabupaten Tanggamus, dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) untuk memperoleh informasi akurat. Setelah semua data terkumpul, maka data diolah dan dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kemudian ditarik kesimpulan secara deduktif. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, implementasi yang dilaksanakan oleh BPDB Kabupaten Tanggamus dalam melaksanakan Penanggulangan bencana belum sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Tanggamus Nomor 06 Tahun 2016 tentang Penanggulangan Bencana Daerah. Upaya penanggulangan bencana pada tahap Pra Bencana belum sepenuhnya maksimal terutama pada pembuatan tanggul. Sehingga hal ini sarana dan prasarana dalam upaya penanggulangan bencana tersebut tidak memadai, baik dari segi financial (keuangan), maupun sosialisasi yang kurang sehingga kerja sama dengan masyarakat dalam upaya menjaga lingkungan masih perlu ditingkatkan untuk mencapai kemaslahatan bersama. Dalam perspektif siya>sah tanfiz\iyah upaya penanggulangan bencana yang dijalankan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tanggamus sudah selaras dengan siya>sah tanfiz\iyah hal ini didasarkan pada Q.S. An-Nisā' [4] : 58 yang memerintahkan kewajiban sikap amanah seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya. Kata Kunci : Penanggulangan Bencana, Peraturan Daerah, Siya>sah Tanfiziyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2024 07:34
Last Modified: 06 May 2024 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33124

Actions (login required)

View Item View Item