MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MIMA 07 BANDAR LAMPUNG

Thomas, Lubis (2024) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI MIMA 07 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 2 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Thomas.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen kesiswaan dalam penerimaan peserta didik baru di MIMA 07 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah tiga orang yang terdiri dari satu kepala sekolah/kepala madrasah, Operator sekolah, dan Staff TU yang bertindak sebagai panitia pelaksana penerimaan peserta didik baru. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data deskriptiif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kesiswaan pada proses penerimaan peserta didik baru di MIMA 07 Bandar Lampung dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan yang ditetapkan sekolah nasional. Seperti kebijakan dalam penerimaan peserta didik baru tentang jumlah kuota peserta didik baru yang mengikuti daya tampung sekolah, kriteria yang meliputi penerimaan peserta didik baru yang wajib memiliki usia minimal 6 tahun. Dan juga untuk sistem penerimaan peserta didik baru yang memakai sistem promosi yang tanpa menggunakan seleksi. Memakai 3 kriteria yaitu kriteria acuan, kriteria acuan norma, dan kriteria berdasarkan daya tampung sekolah. Dan untuk prosedur penerimaan peserta didik baru meliputi pembentukan panitia, waktu dan tempat rapat, agenda dan hal-hal Keputusan rapat, daftar hadir peserta rapat, persyaratan pendaftaran, cara pendaftaran, waktu dan tempat pendaftaran, hasil pengumuman, kegiatan panitia setelah menyeleksi, dan surat pemberitahuan kelulusan. Kata Kunci : Manajemen, Siswa, Penerimaan, Peserta Didik Baru iv ABSTRACT The purpose of this research is to find out how student management is in accepting new students at MIMA 07 Bandar Lampung. The focus of this research problem is how is the management of new student admissions at MIMA 07 Bandar Lampung? This research uses a qualitative approach with a qualitative descriptive research type. The research subjects were three people consisting of one school principal/madrasa head, school operator, and TU staff who acted as the implementation committee for admitting new students. Data collection techniques use interview, observation and documentation techniques. Data analysis uses qualitative descriptive data analysis. The research results show that student management in the process of accepting new students at MIMA 07 Bandar Lampung can support the achievement of educational goals set by national schools. Such as the policy in accepting new students regarding the quota number of new students attending the school capacity, the criteria include accepting new students who must be at least 6 years old. And also for the system for accepting new students which uses a promotion system without using selection. Using 3 criteria, namely reference criteria, norm reference criteria, and criteria based on school capacity. And the procedure for accepting new students includes the formation of a committee, time and place of meeting, agenda and meeting decisionis, list of meeting participants, regristation requirements, regristation method, time and place of regristation, results of announcements. Committee activities after selection, and graduation notification letter. Keywords: Management, Students, Admissions, New Students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2024 06:49
Last Modified: 06 May 2024 08:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33120

Actions (login required)

View Item View Item