PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI VIRUS

Sari, Indriyani Puspa (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI LISAN DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG PADA MATERI VIRUS. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full.pdf] PDF
Download (38MB)

Abstract

Komunikasi lisan merupakan kegiatan yang setiap hari dilakukan termasuk dalam pembelajaran. Komunikasi lisan adalah proses pengiriman pesan dengan bahasa lisan. Dengan berkomunikasi lisan yang baik akan mempermudah siswa dalam menyampaikan ide atau pendapat mereka baik pada saat melakukan diskusi ataupun tanya jawab dengan guru. Namun berdasarkan observasi yang dilakukan di SMA Negeri 15 Bandar Lampung, masih menggunakan pembelajaran konvensional yang mengakibatkan kurangnya kemampuan berkomunikasi lisan siswa. Hal ini terjadi karena siswa lebih banyak diam dan hanya mendengarkan materi yang disampaikan oleh guru sehingga siswa tidak terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini juga dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar kognitif siswa di kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung. Oleh sebab itu diperlukan model pembelajaran yang dapat merangsang siswa agar dapat terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga dapat memperlancar kemampuan berkomunikasi lisan siswa dan meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan dari penelitin ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Problem Based Learning terhadap kemampuan berkomunikasi lisan dan hasil belajar kognitif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung dengan sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yang diperoleh menggunakan teknik Clusther Random Sampling yakni kelas eksperimen (X IPA2) yang diberikan model Problem Based Learning dan kelas kontrol (X IPA3) sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes dan observasi, setelah data tes dikumpulkan kemudian akan dianalisis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aspek kemampuan komunikasi lisan siswa pada kelas eksperimen lebih baik yaitu 74,12 dibandingkan kelas kontrol yaitu 46,58. Kemudian nilai postes siswa pada kelas eksperimen adalah 70,8. Sedangkan untuk kelas kontrol nilai postes 53,5. Hasil uji t menunjukkan bahwa diperoleh hasil sig. 0,000 < 0,05 sehingga H1 diterima artinya rata-rata hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari rata-rata hasil belajar kognitif siswa dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Mar 2018 02:58
Last Modified: 12 Mar 2018 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3312

Actions (login required)

View Item View Item