PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENCEGAH KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG

MELDA, YULIYANTI (2024) PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN BELAJAR MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENCEGAH KEJENUHAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT 1 2 MELDA.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK MELDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kejenuhan belajar merupakan permasalahan yang dialami peserta didik saat kegiatan belajar mengajar di kelas. Jika dalam proses pembelajaran peserta didik mengalami kejenuhan dalam belajar, maka peserta didik akan mengalami kesulitan dalam perkembangannya serta mendapatkan hasil belajar yang tidak baik atau tidak sesuai dengan keinginannya. Jadi kejenuhan belajar yang dialami peserta didik harus dicegah melalui layanan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah. kejenuhan belajar dialami peserta didik di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan belajar melalui media audio visual dalam mencegah kejenuhan belajar pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Sampel penelitian berjumlah 4 peserta didik dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi yakni observasi, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan guru bimbingan dan konseling yang bertugas serta menangani masalah peserta didik di SMP Negeri 12 Bandar Lampung. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa pelaksanaan layanan bimbingan belajar melalui media audio visual dalam mencegah kejenuhan belajar pada peserta didik SMP Negeri 12 Bandar Lampung telah dilaksanakan dengan baik dan terdapat perubahan pada peserta didik terlihat dari absensi dan catatan buku kasus yaitu peserta didik mulai aktif dalam pembelajaran di kelas lebih bersemangat dan antusias saat belajar di sekolah hal ini karena pemberian motivasi belajar dalam kegiatan media audio visual. Kata Kunci: Kejenuhan Belajar, Media Audio Visual iii ABSTRACT The burnout of learning is a problem experienced by students during the teaching and learning activities in the classroom. If students experience boredom during the learning process, they will face difficulties in their development and may not achieve learning outcomes that align with their desires. Therefore, the learning burnout experienced by students must be prevented through the services provided by guidance and counseling teachers at school. Learning boredom is experienced by students at SMP Negeri 12 Bandar Lampung. The aim of this research is to explore the implementation of learning guidance services through audio-visual media in preventing learning burnout among seventh-grade students at SMP Negeri 12 Bandar Lampung. The research sample consists of four students, and the methodology employed is a qualitative descriptive research design with data collection techniques using triangulation, involving observations, interviews, and documentation. Guidance and counseling teachers responsible for addressing student issues at SMP Negeri 12 Bandar Lampung are also involved in the study. The results of this research state that the implementation of tutoring services through audio-visual media in preventing learning boredom in students at SMP Negeri 12 Bandar Lampung has been implemented well and there have been changes in students as seen from attendance and case book records, namely students are starting to be active in learning at The class is more enthusiastic and enthusiastic when studying at school, this is due to the provision of learning motivation in audio-visual media activities. Keywords: Learning Burnout and the Role of Audio-Visual Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 May 2024 04:35
Last Modified: 06 May 2024 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33119

Actions (login required)

View Item View Item