OPTIMALISASI PENGAWASAN KEIMIGRASIAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL WARGA NEGARA ASING DITINJAU DARI SIYASAH DAULIYAH SYAR’IYYAH (Studi di Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kotabumi Kabupaten Lampung Utara)

WAHLULIA, AMRI (2024) OPTIMALISASI PENGAWASAN KEIMIGRASIAN TERHADAP PENYALAHGUNAAN IZIN TINGGAL WARGA NEGARA ASING DITINJAU DARI SIYASAH DAULIYAH SYAR’IYYAH (Studi di Kantor Imigrasi Kelas II Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi Kotabumi Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI WAHLULIA AMRI bab 1-2 dan dapus.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI WAHLULIA AMRI full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengawasan keimigrasian dilakukan agar dapat mengetahui keberadaan serta kegiatan warga negara Indonesia maupun asing di wilayah Indonesia hal ini diatur dalam Pasal 66 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011. Berdasarkan data keimigrasian wilayah kotabumi tahun 2018 hingga 2023 menangani beberapa bentuk pelanggaran keimigrasian yang terjadi terdapat 12 orang asing dengan beberapa bentuk pelanggaraan seperti Overstay, Rangkap Jabatan, dan Penyalahgunaan Izin Tinggal. Penggunaan visa dilakukan oleh WNA menjadi objek persoalan dimana hal ini terjadi pada saat seorang WNA dari China masuk ke wilayah Kabupaten Lampung Utara melanggar ketentuan Visa on Arrival seharusnya digunakan liburan dan perjalanan bisnis tetapi untuk kegiatan bekerja sebenarnya dalam Pasal 48 ayat (1) Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 dijelaskan setiap orang wajib memiliki izin tinggal terdiri atas izin tinggal diplomatik, izin tinggal dinas, izin tinggal kunjungan, izin tinggal terbatas, dan izin tinggal tetap secara jelas dan pengaturan jangka penggunaan VoA dalam surat edaran keimigrasian ada batasan waktu tertentu 30 hari. Sehingga, keberadaan pasal ini menjadi persoalan yang akan diteliti karena WNA tersebut salah artikan penggunaan Visa on Arrival. Adapun rumusan masalah yang akan dibahas yakni: 1) Bagaimana optimalisasi pengawasan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi terhadap penyalahgunaan izin tinggal warga negara asing? 2)Bagaimana tinjauan siyasah dauliyah syar‟iyyah terhadap penyalahgunaan izin tinggal warga negara asing?. Tujuan dari penelitian ini agar dapat mengetahui optimalisasi pengawasan keimigrasian serta kaitannya dengan siyasah dauliyah syar‟iyyah. Metode penelitian menggunakan studi lapangan berupa deskripsi kualitatif dengan mengambil sumber dari data sekunder berbentuk literatur-literatur yang relevan persoalan penyalahgunaan izin tinggal warga negara asing serta teori siyasah dauliyah syar‟iyyah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2024 07:11
Last Modified: 03 May 2024 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33114

Actions (login required)

View Item View Item