TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi di Disdukcapil Lampung Utara)

Era, Anastasya (2024) TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PERATURAN DAERAH (PERDA) KABUPATEN LAMPUNG UTARA NOMOR 2 TAHUN 2022 TENTANG TERTIB ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN (Studi di Disdukcapil Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI CETAK ERA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Administrasi Kependudukan merupakan rangkaian kegiatan penataan dan penerbitan dokumen dan data kependudukan melalui program pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi, dalam kata lain Tertib Administrasi merupakan kegiatan pelayanan publik yang harusnya dilakukan pemerintah secara baik. Oleh karena Itu pemerintah Kabupaten Lampung Utara mengeluarkan PERDA Nomor 2 Tahun 2022 tentang tertib administrasi kependudukan. Permasalahan yang terjadi di Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara adalah masyarakat mengeluh terkait pelayanan dalam proses administrasi kependudukan yang lama, dan disiplin kerja pegawai yang kurang baik. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan kebijakan tata tertib administrasi kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara dan bagaimana pandangan fikih Siyasah terhadap Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Lampung Utara Nomor 2 Tahun 2022 tentang Tertib Administrasi Kependudukan. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana mekanisme pelaksanaan kebijakan tertib administrasi kependudukan dan menganalisis pandangan fikih siyasah terhadap peraturan Perda Nomor 2 Tahun 2022 tentang tertib administrasi kependudukan di kabupaten Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berdasarkan pada data yang diperoleh dilapangan yang berlokasi di Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara. Sumber data yang digunakan yaitu data primer yang didapatkan langsung dari Perangkat Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara dan data skunder yakni data yang diperoleh dari arsip Disdukcapil Kabupaten Lampung Utara terkait kondisi geografis, Demografis dan data lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis kualitatif dengan cara menggambarkan keadaan dilapangan dan fenomena langsung. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Lampung Utara sesuai Undang-undang Nomor 2 tahun 2020 tentang Tertib Administrasi Kependudukan berjalan cukup baik karena pemerintah sudah melakukan beberapa upaya yang sesuai dengan peraturan daerah dalam mengendalikan permasalahan dalam pelayanan Pembuatan KTP, KK dan catatan sipil lainnya sehingga pemerintah mampu meningkatkan upaya tersebut baik dari segi financial (keuangan), sarana dan prasarana, maupun sosialisasi yang masih kurang diberikan kepada masyarakat. Dalam pandangan fikih siyasah pelaksanaan peraturan daerah Nomor 2 Tahun 2022 tentang tertib Administrasi Kependudukan sudah sesuai dengan Syariat Islam karena pada dasarnya pemerintah dijadikan untuk pemimpin dan masyarakat sebagai khalifah sesuai dengan syariat islam. Kata Kunci: Administrasi Kependudukan, Fikih Siyasah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2024 04:16
Last Modified: 03 May 2024 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33110

Actions (login required)

View Item View Item