ANALISIS SIYASAH TANFIZIYYAH TERHADAP PERAN TENAGA MEDIS PADA PELAYANAN KESEHATAN SECARA UMUM DAN MELALUI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS BUAY NYERUPA (Studi di Puskesmas Rawat Inap Buay Nyerupa Sukau, Kabupaten Lampung Barat)

HELLEN, MARYA (2024) ANALISIS SIYASAH TANFIZIYYAH TERHADAP PERAN TENAGA MEDIS PADA PELAYANAN KESEHATAN SECARA UMUM DAN MELALUI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL (BPJS) KESEHATAN DI PUSKESMAS BUAY NYERUPA (Studi di Puskesmas Rawat Inap Buay Nyerupa Sukau, Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi HELLEN MARYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dan hak mendasar masyarakat yang penyediaannya wajib diselenggarakan pemerintah sebagaimana telah diamanatkan dalam Pasal 28H ayat (1) Undang-Undang Dasar 1945 “Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan” dan Pasal 34 ayat (3) Undang-Undang Dasar 1945 “Negara bertanggung jawab atas penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan fasilitas pelayanan umum yang layak. Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) menetapkan bahwa Jaminan Sosial Nasional (JSN) akan diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), yang terdiri atas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Berdasarkan rumusan masalah dari penelitian ini, yang pertama bagaimana Analisi Terhadap peran tenaga medis pada pelayanan kesehatan secara umum dan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Buay Nyerupa? dan bagaimana Analisis Siyasah Tanfidziyya Terhadap peran tenaga medis pada pelayanan kesehatan secara umum dan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Buay Nyerupa?. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reaserch) dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran tenaga medis pada pelayanan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Puskesmas Buay Nyerupa biasa dilakukan dengan prosedur pendaftaran dan membayar uang pemeriksaan sesuai dengan pemeriksaan yang dilakukan, melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dengan membawa kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan surat rujukan berobat yang sebelumnya sudah dibuatkan oleh pihak puskesmas di Puskesmas Buay Nyerupa sesuai dengan yang ditetapkan dalam pasal 2 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011. Sedangkan, peran tenaga medis dalam pandangan hukum Islam adalah suatu bentuk mashlahat atau sesuatu yang mendatangkan manfaat dan kebaikan. Pelayanan oleh anggota medis adalah bentuk dari mashlahah al-tahsiniyah. Menurut hukum Islam tentang pelayanan kesehatan di Puskesmas Buay Nyerupa sudah sesuai dengan maqasid syari‟ah yaitu tujuan kehadiran syariat Islam adalah untuk memelihara agama, jiwa, akal, harta, dan keturunan. Pelayanan kesehatan yang dapat diwujudkan di Puskesmas Buay Nyerupa menjadi kewajiban bagi setiap individu maupun kelompok yang bekerja dalam pengembangan pelayanan kesehatan bagi masyarakat sekecamatan sukau. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Kesehatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2024 04:03
Last Modified: 03 May 2024 04:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33109

Actions (login required)

View Item View Item