PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT MENGENAI ISU RIBA DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP KEDATON BANDAR LAMPUNG

Sepi, Rosmalina (2024) PERSEPSI TOKOH MASYARAKAT MENGENAI ISU RIBA DALAM MENINGKATKAN MINAT MASYARAKAT MENABUNG DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP KEDATON BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of Skripsi Sepi Rosmalina.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan Syariah merupakan lembaga keuangan yang bertugas menghimpun dana dan menyalurkan dana serta memberikan jasa-jasa lainnya yang berasaskan pada asas kemitraan, keadilan, transparansi dan universal serta melakukan kegiatan usaha perbankan berdasarkan prinsip syari’ah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pada tokoh masyarakat Kedaton Bandar Lampung mengenai isu riba terharap Perbankan Syariah, serta bertujuan meningkatkan minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis (field research) yaitu penelitian lapangan, dan bersifat deskriptif kualitatif yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang menjadi informan adalah orang-orang yang dianggap memiliki informasi kunci (key informan) dan pihak yang terlibat secara langsung sehingga diharapkan peneliti mendapatkan penjelasan pada kondisi dan situasi yang sebenarnya. Adapun yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah tokoh masyarakat Kedaton Bandar Lampung. Hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi tokoh masyarakat tidak memiliki banyak pengaruh terhadap minat masyarakat menabung di Bank Syariah, hal ini dapat dilihat dari jawaban pertanyaan tentang isu riba yang tokoh masyarakat sampaikan bahwa tokoh masyarakat ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Dalam wawancara yang sudah penulis lakukan pada tokoh masyarakat, penulis memperoleh suara terbanyak bahwasannya Bank Syariah sudah terbebas dari riba. Kata Kunci: Persepsi, Tokoh Masyarakat, Isu Riba, Bank Syariah.ABSTRACT Sharia Banking is a financial institution tasked with raising funds and distributing funds and providing other services based on the principles of partnership, fairness, transparency and universality and conducting banking business activities based on shari'ah principles. This study aims to determine the perception of Kedaton Bandar Lampung community leaders regarding the issue of usury for Sharia Banking, and aims to increase public interest in saving at Bank Syariah Indonesia. This research uses a type (field research), namely field research, and is descriptive qualitative using observation, interview and documentation methods. The sampling method of this study used purposive sampling where the sampling was deliberately in accordance with the required sample requirements with a sample capacity of 10% of the total population. The results of the research analysis can be concluded that the perception of community leaders does not have much influence on people's interest in saving at Sharia Banks, this can be seen from the answers to questions about the issue of usury that community leaders convey that there are community leaders who agree and some disagree. In interviews that the author has conducted with community leaders, the author obtained the most votes that Islamic banks have been free from usury. Keywords : Perception, Community Leaders, Riba, Sharia Bank.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 May 2024 03:11
Last Modified: 03 May 2024 03:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33104

Actions (login required)

View Item View Item