PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 GUNUNG SUGIH

DWI, PUTRI RAHAYU (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI PERILAKU MEMBOLOS PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 1 GUNUNG SUGIH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI DWI PUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Peserta didik merupakan kelompok sasaran yang terlibat langsung dalam pendidikan melalui proses pembelajaran. Namun jika dilihat apa yang terjadi di lapangan saat ini, terdapat suatu hal yang berbeda. Salah satu unsur utama kegiatan belajar mengajar seringkali tidak ada. Salah satu contoh dari jenis masalah ini adalah perilaku peserta didik yang membolos. Saat ini masih banyak pesrta didik yang tidak hadir pada jam sekolah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah saat jam pelajaran. Perilaku membolos merupakan perilaku meninggalkan sekolah yang dilakukan tanpa mendapatkan izin dari sekolah yang dapat disebabkan karena faktor sekolah dan lingkungan, rasional yang dikembangkan oleh Bachri Thalib pada tahun 2010. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah Terdapat Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Dalam Mengurangi Perilaku Membolos Pada Peserta Didik Kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Sugih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode menggunakan One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik kelas X IPS 3 dengan sampel 6 peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Sugih yang berperilaku membolos tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan melakukan pengamatan langsung ke sekolah, absensi, dokumentasi dan wawancara. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori layanan konseling kelompok dengan teknik self-management dalam mengurangi perilaku membolos. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa analisis data dengan rata-rata skor perilaku membolos sebelum diberikan treatment berupa konseling kelompok dengan teknik self management adalah tinggi dan setelah diberikan treatment konseling kelompok dengan teknik self management menurun menjadi rendah. Dari hasil uji wilcoxon menggunakan program SPSS versi 22 dapat diketahui bahwa rata-rata pretetst adalah 14,66 dan rata-rata posttest adalah 6 dengan batas kritis penelitian 0,05. Hasil uji wilcoxon dengan menggunakan program SPSS versi 22 didapatkan Z hitung yaitu - 2.032 dan Ztabel sebesar 1,96 dengan taraf signifikan 0,05 dan iv diketahui asymp. Sig (2-tailed) sebesar 0,42. Karena nilai -2,032 lebih kecil dari <0,05 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka konseling kelompok dengan teknik self management dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik di SMA Negeri 1 Gunung Sugih berpengaruh secara signifikan. Sehingga layanan konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Gunung Sugih. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik self management berpengaruh dalam mengurangi perilaku membolos peserta didik kelas X melihat hasil posttest yang telah diberikan dalam konseling kelompok dengan teknik self management. Kata kunci : Konseling kelompok, self management, membolos v ABSTRACT Learners are the target group directly involved in education through the learning process. However, if we look at what is happening in the field today, there is something different. One of the main elements of teaching and learning activities is often absent. One example of this type of problem is the behavior of learners skipping school. Currently, many learners are absent during school hours to participate in teaching and learning activities at school during class hours. Truancy is the behavior of leaving school without permission from the school, which can be caused by school and environmental factors, rationalized by Bachri Thalib in 2010. The purpose of this study is to determine the Influence of Group Counseling Services Using Self Management Techniques in Reducing Truancy Behavior in Grade X Students at SMA Negeri 1 Gunung Sugih. This research adopts a quantitative approach using the One�Group Pretest-Posttest method. The population in this study comprises 30 Grade X IPS 3 learners, with a sample of 6 Grade X learners at SMA Negeri 1 Gunung Sugih exhibiting high truancy behavior. Data collection techniques include direct observation at the school, attendance records, documentation, and interviews. The theory utilized in this research is the theory of group counseling services using self-management techniques to reduce truancy behavior. Based on the research results, it can be concluded that the data analysis shows the average truancy score before receiving treatment, in the form of group counseling with self-management techniques, was high, and after receiving group counseling treatment with self-management techniques, it decreased to a low level. From the Wilcoxon test results using SPSS version 22, it is found that the average pretest score was 14.66 and the average posttest score was 6, with a critical limit of the study set at 0.05. The Wilcoxon test results using SPSS version 22 yielded a calculated Z value of -2.032, and the Z-table value was 1.96 with a significance level of 0.05, and the asymptotic significance (2-tailed) was found to be 0.42. Since the value of -2.032 is less than <0.05, it can be concluded that the null hypothesis (Ho) is rejected, and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. Therefore, group counseling with self-management techniques significantly influences reducing truancy behavior among learners at SMA Negeri 1 Gunung Sugih. Thus, group counseling services with self-management techniques have an impact on reducing truancy behavior among Grade X learners at SMA Negeri 1 Gunung vi Sugih. Consequently, it can be inferred that group counseling services with self-management techniques have an impact on reducing truancy behavior among Grade X learners, as evidenced by the posttest results obtained after group counseling with self-management techniques. Keywords: Group counseling, self-management, truancy

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2024 08:02
Last Modified: 02 May 2024 08:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33101

Actions (login required)

View Item View Item