PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN SELF-CONTROL PESERTA DIDIK MAN 2 BANDAR LAMPUNG

Erwin, Agustiawan (2024) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT TERHADAP PENINGKATAN SELF-CONTROL PESERTA DIDIK MAN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of Skripsi Erwin Agustiawan 1811080351.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Dari permasalahan yang terdapat pada peserta didik kelas XI di MAN 2 Bandar Lampung yaitu rendahnya self-control peserta didik, sehingga diperlukan sebuah upaya untuk meningkatkan self�control melalui layanan konseling kelompok dengan teknik self�management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik self-management terhadap peningkatan self-control peserta didik kelas XI di MAN 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif dengan Pre Eksperimental Design dalam bentuk One Grup Pretest Posttest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan angket. Proses pengambilan sampel menggunakan Purposive Sampling, dengan populasi yaitu peserta didik kelas XI sebanyak 137 dan sampel yang digunakan sebanyak 10 peserta didik yang memiliki rendahnya self-control. Peserta didik melakukan pretest atau sebelum diberikan perlakuan berupa konseling kelompok dengan teknik self-management untuk meningkatkan self-control peserta didik dan didapatkan nilai pretest dengan rata-rata 47,3 (kategori rendah). Setelah diberikan perlakuan, maka diberikan posttest dengan nilai rata-rata sebesar 73,8 (kategori tinggi). Uji hipotesis penelitian ini menggunakan rumus Uji Wilcoxon dan diketahui asymp. sig (2-tailed) dengan nilai 0,005 serta taraf signifikan 5%. Karena 0,005 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Ha diterima. Sehingga dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok menggunakan teknik self-management berpangaruh untuk meningkatkan self-control peserta didik kelas XI di MAN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Konseling kelompok, Self-management, Self-control iv ABSTRACT From the problems found in class XI students at MAN 2 Bandar Lampung, namely the low self-control of students, so an effort is needed to increase self-control through group counseling services with self-management techniques. This study aims to determine the effect of group counseling services using self-management techniques on increasing the self-control of class XI students at MAN 2 Bandar Lampung. The type of research used in this research is quantitative with a Pre-Experimental Design in the form of One Group Pretest Posttest Design. Data collection techniques used were interviews and questionnaires. The sampling process used purposive sampling, with a population of 137 class XI students and a sample of 10 students who had low self-control. Students do a pretest or before being given treatment in the form of group counseling with self-management techniques to increase students' self-control and get a pretest score with an average of 47.3 (low category). After being given treatment, a posttest was given with an average value of 73.8 (high category). Test the hypothesis of this study using the Wilcoxon Test formula and it is known asymp. sig (2-tailed) with a value of 0.005 and a significant level of 5%. Because 0.005 <0.05 it can be concluded that Ha is accepted. So from this study it can be concluded that group counseling services using self-management techniques have an effect on increasing the self-control of class XI students at MAN 2 Bandar Lampung. Keywords: Group counseling, Self-management, Self-control

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 May 2024 07:57
Last Modified: 02 May 2024 10:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/33100

Actions (login required)

View Item View Item